Tips

Bahan-Bahan Alami untuk Kulit Terbakar Matahari

Liburan sudah usai, tapi yang bikin sebal adalah kita pulang dengan keadaan kulit terbakar matahari. Selain menggelap, kulit juga gosong dan mengelupas. Bukan hanya nggak enak dilihat, tapi kulit juga terasa perih bila disentuh. Masalah tersebut harus segera ditangani supaya kulit bisa cepat kembali ke kondisi semula. Penggunaan body lotion memang membantu, tapi menggunakan bahan-bahan alami berikut ini bisa lebih mempercepat proses penyembuhan.

Air Dingin

Suhu kulit ketika kulit terbakar menjadi tinggi. Jadi, suhunya harus diturunkan dengan mengompres kulit dengan air dingin. Kompreslah kulit secara lembut dengan menggunakan handuk atau kain. Jangan terlalu kasar ketika mengompres karena bisa bikin kulit makin terluka.

icedwater

www.dietherba.wordpress.com

Timun

Timun mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Blender timun yang sudah didinginkan di dalam kulkas hingga hancur lalu oleskan di kulit yang terbakar. Timun tersebut akan memberikan sensasi dingin yang menyegarkan. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air.

Cucumber on a white background

www.kaloriku.com

Susu/ Yogurt

Susu/ yogurt bisa meredakan rasa sakit dan kemerahan pada kulit yang terbakar. Gunakan aja susu bubuk yang sudah dimasak. Tunggu hingga agak dingin lalu ambil handuk kecil dan oleskan pelan-pelan ke kulit yang terbakar. Kalau pakai yogurt, pakailah yogurt yang agak kental dan oleskan di kulit yang terbakar dengan menggunakan tisu. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas hingga bersih dengan menggunakan air.

yogurt-in-bowl

www.lambshoppe.com

Lidah Buaya

Kalau ada tanaman lidah buaya di rumah, ambil aja sepotong lalu belah dan peras getahnya sampai keluar. Getahnya dioleskan di bagian kulit yang terbakar. Lidah buaya akan memberikan efek segar dan dingin pada kulit yang terbakar. Setelah menunggu selama 15 menit, kulit bisa dibilas dengan air. Saat ini lotion lidah buaya sudah banyak dijual di pasaran dan bisa digunakan sebagai masker. Lotion tersebut bisa dimanfaatkan dan dipakai semalaman saat tidur.

lidah-buaya-1

www.informasikecantikan.com

Teh

Baik teh biasa maupun teh hijau, keduanya punya fungsi yang sama yaitu mengurangi rasa sakit pada kulit yang terbakar. Seduh kantung teh lalu diamkan agak lama hingga warna teh lebih pekat. Kemudian gunakan handuk kecil dan kompres pada kulit yang terbakar. Nggak perlu dibilas lagi karena bisa dibawa semalaman ketika tidur. Kantung teh juga bisa digunakan untuk mengompres kulit yang terbakar, lho.

Green-Tea-weight-loss

www.animaherbal.com

Vitamin E

Rutin minum vitamin E sebelum tidur juga bisa membantu proses penyembuhan kulit yang terbakar dari dalam. Vitamin E juga bisa digunakan untuk penyembuhan luar. Caranya dengan menusuk kapsul vitamin E menggunakan jarum, keluarkan isinya dan oles pada kulit yang terbakar. Diamkan 10-15 menit hingga meresap ke kulit lalu bilas hingga bersih. Niscaya iritasi kulit bisa berkurang.

iStock_000019174904_Small1

www.healthyfoodtaste.com

Cuka Apel

Supaya nggak terlalu mencolok baunya, cuka apel bisa dicampur dengan air dengan perbandingan 50:50. Tuangkan ke dalam botol spray lalu kocok hingga merata. Semprotkan pada kulit yang terbakar setiap satu jam sekali hingga tidak terasa perih lagi. Ketika di awal kulit terasa sangat perih saat terkena cuka, tapi ditahan aja rasa sakitnya karena lama-lama sakitnya bakal hilang.

belly-apple-cider-vinegar-dosage

www.reps-id.com

(Visited 508 times, 1 visits today)

Comments

To Top