Tips

Tips Merencanakan Liburan Impian

B

Rear view of a woman into the swimming pool.

Kalau membicarakan liburan impian, tentu saja kita bukan sekadar membicarakan liburan ke luar kota yang hanya berjarak 2-3 jam dari tempat kamu tinggal. Travelers pasti punya destinasi liburan yang menjadi impian kamu. Bisa jadi kamu ingin keliling Asia Tenggara, mengunjungi Eropa, menengok Amerika Serikat atau menikmati liburan mewah di Raja Ampat atau Lombok.

Sayangnya, sebagian dari kita akan langsung ‘menyerah’ untuk mewujudkan liburan impian itu karena merasa tidak punya bujet yang cukup. Tapi, kalau kamu tahu persiapan apa saja yang harus dilakukan, sebenarnya bukan tidak mungkin lho mewujudkan liburan impian kamu.

Yuk kita simak beberapa tips dari beberapa pasangan asal Amerika Serikat yang berhasil mewujudkan liburan impian mereka setelah melakukan perencanaan matang.

Tahu Bujet Yang Dibutuhkan

Supaya kamu bisa melakukan perencanaan lebih rinci, kamu harus tahu bujet yang dibutuhkan untuk ‘liburan besar’. Berdasarkan survei yang dilakukan Visa, rata-rata traveler menghabiskan sekitar $2,390 atau Rp23 juta pada liburan terakhir mereka. Kamu harus rajin melakukan riset tentang biaya transportasi, akomodasi, makan dan pengeluaran lain yang dibutuhkan di destinasi impian kamu supaya bisa mengalokasikan dana untuk liburan.

Berapa Lama Persiapan Yang Dibutuhkan?

Selama yang dibutuhkan. Liburan tidak seharusnya membuat kamu berhutang. Jadi, kalau tahun ini bujet yang dibutuhkan belum terkumpul, jangan paksakan berangkat liburan tahun ini, rencanakanlah liburan kamu untuk tahun depan dan terus menabung.

Yang Harus Dilakukan Sekarang

Mulailah menabung dan mengalokasikan dana untuk liburan impian kamu. Setelah melakukan kalkulasi bujet total yang diperlukan, kamu bisa menghitung berapa banyak yang harus kamu tabung setiap bulannya. Buka rekening khusus untuk liburan yang bisa didebet langsung dari rekening utama. Selain itu, kamu juga perlu mengurangi beberapa pengeluaran seperti membeli kopi premium, belanja pakaian dan tas yang sebenarnya tidak perlu dan sebagainya. Untuk tips lebih lengkap soal persiapan dana liburan, kamu bisa lihat di sini ya.

Yang Bisa Dilakukan Belakangan

Memesan tiket pesawat. Tidak ada bukti nyata bahwa memesan tiket pesawat dari jauh-jauh hari bisa membuat kamu melakukan penghematan signifikan.  Tapi, mengetahui waktu yang tepat untuk memesan pesawat memang penting. Berdasarkan studi, pemesanan tiket pesawat enam minggu sebelum hari keberangkatan biasanya bisa memberikan harga terbaik untuk traveler.

Trik Lain Untuk Menekan Bujet

Para ahli mengklaim bahwa traveler bisa menghemat bujet mereka dengan melakukan pemesanan paket tiket pesawat dan hotel. Semakin banyak maskapai penerbangan dan jaringan hotel yang menawarkan paket seperti ini. Ternyata, pengeluaran yang harus kamu keluarkan dengan cara ini bisa ditekan hingga beberapa juta rupiah lho.

Kalau kamu bepergian dengan banyak anggota keluarga, kamu bisa menyewa rumah, villa atau apartemen supaya lebih ekonomis.

Ikuti Perkembangan Berita

Jangan sampai lupakan perkembangan peristiwa-peristiwa yang terjadi di dunia. Jangan sampai ketika beberapa hari sebelum keberangkatan kamu baru tahu bahwa destinasi impian kamu sedang mengalami bencana alam atau tengah dilanda konflik yang membahayakan.

Sudah mulai membayangkan liburan impian kamu travelers? Kalau kamu masih bingung menentukan destinasi, cek PegiPegi.com untuk mencari ide yuk!

(Visited 516 times, 1 visits today)

Comments

1 Comment

Comments

To Top