Destinasi

Bagai Lukisan, Ini Dia 11 Air Terjun Tercantik di Indonesia

air terjun tercantik di indonesia

Nggak hanya pantai, gunung, dan bukit, Indonesia juga memiliki banyak air terjun dengan pemandangan yang indah. Selain menjadi tempat yang tenang untuk relaksasi, mengunjungi air terjun juga merupakan salah satu cara untuk mengganti “suara kota” dengan “gemericik air”. Jadi, siapa nih yang butuh tempat wisata yang sejuk-sejuk? Berikut deretan air terjun cantik di Indonesia yang siap memanjakan kamu!

Air Terjun Madakaripura

air terjun tercantik di indonesia

Terletak di kawasan Lumbang, Air Terjun Madakaripura ibarat surga tersembunyi. Mata kamu bakal dibuat terperanjat dengan deburan airnya yang seolah-olah jatuh dari langit. Air Terjun satu ini dipenuhi ceruk-ceruk serta bukit-bukit yang secara ajaib meneteskan air dengan perlahan pada seluruh dinding tebing sehingga terlihat seperti sedang hujan.

Air Terjun Luweng Sampang

air terjun tercantik di indonesia

Berlokasi di Gunung Kidul, Yogyakarta, Air Terjun Luweng Sampang terasa spesial. Dikelilingi oleh bebatuan cadas putih, air terjun ini memiliki air sungai yang sangat biru. Aliran airnya yang cukup deras memercikkan nuansa alam yang asri banget. Lantaran masih cukup terjaga, bias cahaya yang masuk terlihat semakin sempurna dan membuat air tampak bening.

Air Terjun Tegenungan

air terjun tercantik di indonesia

Air Terjun Tegenungan berlokasi nggak jauh dari Denpasar. Mengalir di atas air terjun, Tukad Petanu yang merupakan sungai dengan pemandangan terasering sawah di sisi kanan dan kirinya. Para pengunjung bisa menyusuri sungai tersebut untuk mendekati lokasi deburan air yang jatuh ke bawah. Suasana makin asri dengan hadirnya pepohonan hijau di sekitarnya.

Air Terjun Kahatola

air terjun tercantik di indonesia

Di Halmahera Barat, Maluku, kamu bisa menemukan air terjun yang menjorok ke laut, namanya Kahatola. Meskipun untuk mencapai air terjun ini cukup melelahkan, namun pemandangan indah yang tersaji di sekitarnya mampu menghapus rasa lelah kamu. Sesampainya di Air Terjun Kahatola, kamu akan dibuat kagum dengan tebing batu yang tinggi dan terjal mengelilingi pulau. 

Air Terjun Sipiso Piso

air terjun tercantik di indonesia

Memiliki ketinggian hingga 120 meter, Air Terjun Sipiso Piso adalah salah satu air terjun terindah dan tertinggi di Indonesia. Air terjun ini dikelilingi dengan bukit-bukit dan pepohonan pinus yang memesona. Jadi, kalau ke sini kamu bakal dimanjakan sama pemandangan indah dan suasananya yang sejuk banget. Sebelum menuju air terjun, kamu juga bisa mampir ke gardu pandang yang ada di puncak bukit untuk menyaksikan keindahan Danau Toba.

Air Terjun Banyu Wana Amertha

air terjun tercantik di indonesia
SUMBER: INSTAGRAM @THEBALICHILI

Berjarak sekitar 20 menit berkendara dari Bedugul atau Danau Beratan di Bali, Air Terjun Banyu Wana Amertha memiliki pesonanya sendiri. Dengan menyuguhkan keindahan layaknya tirai air alami, nggak heran banyak wisatawan dalam maupun luar negeri yang terpukau karenanya. Sumber mata airnya yang jernih dan segar berasal dari kawasan Hutan Lindung Desa Wanagiri.

Air Terjun Grenjengan

air terjun tercantik di indonesia

Terletak di lereng Gunung Merbabu, Air Terjun Grenjengan Magelang menawarkan panorama lama yang cantik khas air terjun kembar. Terdapat dua aliran yang mengalir secara bersamaan dari ketinggian sekitar enam meter. Berasal dari anak Sungai Cebong, Air Terjun Grenjengan memiliki aliran air yang nggak terlalu deras, apalagi kalau musim kemarau tiba. Jadi, aman untuk dinikmati sambil berendam di bawah kolamnya.

Air Terjun Banyumala

air terjun tercantik di indonesia

Air Terjun Banyumala berlokasi di Buleleng, tepatnya di Desa Wanagiri yang juga merupakan kawasan dataran tinggi Bali Utara dengan deretan bukit-bukit. Dari ketinggian, kamu bisa melihat air terjun mengalir deras ke sela bebatuan yang berselimut tanaman cacar air dan lumut. Tumbuhan yang menjalar seolah memisahkan air terjun menjadi tiga bagian. Air di sini sangat jernih. Saking jernihnya, bebatuan yang ada di dasar kolam dapat terlihat dari ketinggian.

Air Terjun Kapas Biru

air terjun tercantik di indonesia

Terletak di perbatasan antara Kabupaten Malang dan Lumajang, Air Terjun Kapas Biru menawarkan wisata alam yang cukup ekstrem untuk ditaklukan. Untuk mencapainya, kamu harus menuruni tangga yang cukup curam. Namun, semua rasa lelah bakal terbayarkan saat kamu tiba di bibir air terjun. Deburan air sungai yang jatuh dari ketinggian 100 meter berpadu dengan tebing berwarna kecokelatan siap memanjakan kamu.

Air Terjun Tibumana

air terjun tercantik di indonesia

Berlokasi di Kabupaten Bangli, Tibumana merupakan air terjun kembar yang mengalir secara berdampingan. Debit deburan airnya yang jatuh dari ketinggian 20 meter pun terlihat mirip sehingga menciptakan efek mesra di antara keduanya. Air Terjun Tibumana diselimuti dengan deretan pepohonan hijau yang tumbuh subur. Di sini, kamu bisa bermain air sepuasnya sambil menikmati udara sejuk. 

Air Terjun Tumpak Sewu

air terjun tercantik di indonesia

Kemegahan Tumpak Sewu plus ketinggiannya yang mencapai 120 meter, membuat air terjun yang ada di Lumajang ini mirip dengan Air Terjun Niagara yang ada di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada. Aliran airnya yang berasal dari rembesan mata air di dinding bukit juga sangat banyak hingga mencapai seribu aliran air. Inilah yang membuat air terjun ini dinamakan Tumpak Sewu. 

Gimana, makin nggak sabar kan pengen bertualang ke deretan air terjun cantik di atas? Mengingat pandemi yang masih berlangsung, pastikan sebelum berangkat ke sana kamu dalam kondisi yang fit, ya. Nah, biar lebih hemat, jangan lupa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, tiket bus, dan hotel promo hanya di Pegipegi!

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS PESAN HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store

Comments

To Top
%d bloggers like this: