Destinasi

Ayo Kunjungi 5 Taman Nasional Terbesar di Indonesia Berikut Ini!

Untuk kamu yang senang berwisata alam, pasti taman nasional adalah destinasi yang wajib dikunjungi. Suasana alam yang menenangkan, juga pemandangannya yang indah pasti membuat kamu betah berlama-lama menjelajah di sana. Kalau kamu senang dengan fotografi, kamu bisa sekalian mengasah skill fotografimu. Alam di taman nasional bisa jadi obyek foto yang menarik. Di Indonesia ada banyak sekali taman nasional yang cantik. Nah kali ini, pegipegi akan membahas lima taman nasional yang memiliki wilayah terluas.

1. Taman Nasional Kayan Mentarang

Taman nasional satu ini terletak di bagian utara Kalimantan Timur. Seperti yang kita tahu, Kalimantan adalah paru-paru dunia. Hutannya terbentang luas menjadi rumah bagi beraneka ragam flora dan fauna. Selain flora dan fauna, kawasan taman nasional ini juga dihuni oleh 20.000 – 25.000 orang dari etnis suku Dayak. Kamu bisa belajar tentang kearifan budaya dari orang-orang Dayak ini.

Di sana juga banyak terdapat peninggalan-peninggalan arkeologi yang bisa kamu temui di taman nasional yang memiliki luas 13.605 km persegi ini. Maka dari itu, kalau kamu ingin merasakan bertualang di dalam hutan yang lebat dan belajar bagaimana melestarikan alam dari orang-orang Dayak, taman nasional inilah yang pas untuk kamu kunjungi.

2. Taman Nasional Wakatobi

Nama Wakatobi diambil dari empat nama pulau utama di area taman nasional ini. Pulau-pulau tersebut adalah Wangi-wangi, Kaledupa, Togian, dan Binongko yang disingkat menjadi Wakatobi. Taman nasional  yang berada di Sulawesi Tenggara ini terkenal akan taman lautnya yang indah. Ekosistem terumbu karangnya masih terjaga kelestariannya hingga saat ini.

Bagi yang suka diving, pasti senang sekali ke sini. Ada berbagai macam terumbu karang cantik dan ikan-ikan kecil warna-warni yang bisa dilihat di area laut taman nasional yang memiliki luas 13.900 km persegi ini. Selain itu, kamu juga bisa berenang bersama hiu paus yang besar badannya berkali-kali lipat dari kamu. Seru, kan?

3. Taman Nasional Kerinci Seblat

ksmtour.com

Foto dari ksmtour.com

Taman Nasional Kerinci Seblat memiliki luas wilayah sebesar 13.750 km persegi. Areanya terbentang di beberapa propinsi, yaitu propinsi Jambi, Bengkulu, Sumatera Barat, dan Sumatra Selatan. Ada banyak sekali ragam flora dan fauna yang hidup di sini. Untuk flora, ada 4000 jenis yang bisa kamu temui. Sedangkan untuk fauna, ada 42 jenis  mamalia, 10 jenis reptil, 6 jenis ampibia, 306 jenis burung dari 49 famili, dan 8 jenis burung endemik.

Kalau kamu tertarik menjelajah hutan tropis dan mengamati berbagai primata langka langsung di habitatnya, taman nasional ini bisa jadi pilihan untuk kamu kunjungi. Tapi nggak hanya itu, kamu juga bisa mendaki Gunung Kerinci dan berkemah di sana. Atau kamu ingin bermain air? Kamu bisa berenang di danau atau air terjunnya yang indah.

4. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih memiliki luas wilayah 14.535 km persegi yang 90 persen areanya adalah perairan. Karena itu, ada 500 jenis karang dan 950 jenis ikan karang yang hidup di kawasan perairan taman nasional ini. Ada juga beberapa populasi fauna, seperti hiu paus, penyu, Napoleon wrasse, dan jenis hiu lainnya di sini.

Kalau datang dan menyelam di taman nasional ini, kamu bisa berenang bersama hiu paus dan penyu sambil berfoto dengan kamera bawah air. Atau kamu bisa foto terumbu karang dan ikan-ikan kecil cantik yang berenang di sekitarnya. Taman nasional ini berada di propinsi Papua Barat yang meliputi beberapa pulau, seperti Mioswaar, Nusrowi, Roon, Rumberpon, dan Yoon. Kamu bisa menjelajah ke pulau-pulau tersebut juga jika kamu mau.

5. Taman Nasional Lorentz

Papua adalah salah satu destinasi favorit di Indonesia. Nggak hanya orang Indonesia, orang-orang dari mancanegara pun sangat menyukai alamnya yang indah. Nggak hanya Raja Ampat yang cantik, Taman Nasional Lorentz juga seringkali menjadi tujuan banyak orang. Taman nasional ini terbentang dari puncak gunung Jayawijaya dengan salju abadinya sampai ke perairan laut Arafura dengan luas mencapai 25.050 km persegi.

Ada banyak vegetasi dan jenis satwa yang bisa kamu temui di sini dan jarang ditemui di tempat lain. Nggak heran kalau Taman Nasional Lorentz disebut sebagai taman nasional dengan ekosistem terlengkap se Asia Pasifik. Tapi sebelum ke sini, sebaiknya kamu menguasai teknik survival, navigasi, dan teknik mendaki supaya memudahkan kamu dalam menjelajahi kawasan ini.

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Menarik sekali, kan, taman nasional di Indonesia? Tapi, kalau berkunjung ke sana, jangan lupa jaga kebersihan alam juga ya, travelers. Jangan sampai bikin kotor. Nah sekarang, yuk cari-cari tiket pesawat murah dan hotel murah untuk mengunjungi taman nasional. Selamat bertualang!

cari tiket pesawat murah cari hotel murah

(Visited 803 times, 1 visits today)

Comments

To Top