Kuliner

Ayam Pop, Sajian Minang yang Lezat dan Popular

Kamu penggemar masakan padang? Pasti cukup familiar dengan hidangan ayam pop, dong!

Yap, sajian yang biasa dihidangkan di berbagai rumah makan padang ini menjadi favorit di kalangan pecinta masakan Minang. Bahkan, ayam pop sering bersanding dengan ayam asam padeh yang punya ciri khas berbeda.

Memiliki tekstur lembut, ayam pop memiliki permukaan daging yang putih. Dimasak dengan cara digoreng, ayam pop menggunakan bumbu kelapa sebagai pemancing cita rasa gurihnya.

Disajikan dengan nasi panas, ayam pop makin nikmat jika disantap dengan sambal tomat dan daun singkong, lho. Selain itu, kamu juga bisa mengombinasikan ayam pop dengan bumbu rendang maupun sayur nangka.

Lahir di kawasan Bukittinggi, ayam pop pertama kali dikenalkan oleh Buyung M. Rizal. Sekitar tahun 1963, ia memasukkan menu ayam goreng pop ini ke dalam hidangan di restoran Rumah Makan Family Benteng Indah.

Ayam pop sendiri merupakan hasil eksperimennya, mengingat banyak pelanggan yang bosen menyantap ayam goreng biasa. Dengan cara merebus kemudia menggoreng dengan sedikit minyak, ayam pop yang ia produksi memiliki tekstur kulit yang nggak garing.

Saking popularnya menu tersebut saat itu, Buyung M. Rizal pun menamai sajian ini dengan nama ayam pop! Nah, kira-kira kamu tertarik mencicipi masakan padang yang satu ini?

Tertarik buat berburu ayam pop? Sekalian liburan ke Padang. Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Padang lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top