Kuliner

Ayam Kesrut, Cita Rasa Asam, Pedas dan Gurih Khas Banyuwangi

Liburan ke Banyuwangi nggak cuma bisa menikmati wisata alamnya, lho. Kota yang terletak di ujung Timur Pulau Jawa ini juga dikenal akan kulinernya, salah satunya ayam kesrut.

Sesuai dengan namanya, kuliner yang satu ini menggunakan ayam sebagai bahan dasarnya. Mau ayam kampung dan ayam boiler, masakan tradisional khas Suku Osing ini punya cita rasa yang segar.

Sensasi tersebut muncul lewat kolaborasi bumbu rempah yang digunakan. Mulai dari cabe rawit merah, belimbing wuluh, bawang merah dan putih hingga garam dicampur, menciptakan kombinasi pedas, gurih dan asam

Proses masaknya pun terbilang unik, lho. Setelah dibersihkan, ayam dipotong kecil-kecil lalu direbus dengan bumbu yang sudah dihaluskan hingga matang. Belimbing sayur yang sudah dipotong-potong menjadi hal terakhir yang dimasukkan.

Biar rasanya makin kuat, masyarakat Banyuwangi kerap menambahkan potongan lengkuas dan bunga kecombrang biar makin harum. Tambahan pepaya muda dan kacang panjang bakal bikin ayam kesrut makin sedap, deh.

Disajikan nikmat dengan nasi putih hangat, beberapa kedai menawarkan pepes tahu dan sambal segar sebagai teman buat mencicipi ayam kesrut. Jangan lupa buat memadukannya dengan kerupuk kulit sapi, ya!

Buat kamu yang nggak sabar, Banyuwangi punya banyak sekali kedai buat menikmati ayam kesrut. Salah satunya Ayam Kesrut Kanggo Riko di kawasan Segobang, Licin. Tertarik mencicipi?

Pengen liburan ke Banyuwangi? Bisa banget! Bareng Pegipegi aja! Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel di Banyuwangi lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top