Kuliner

Ayam Betutu, Kuliner Kaya Rempah Khas Bali

Main-main ke Bali, jangan lupa berburu kuliner lezatnya. Nah, salah satu makanan tradisional yang menjadi ikon Pulau Dewata adalah ayam betutu.

Sesuai dengan namanya, sajian yang satu ini menggunakan daging ayam sebagai bahan bakunya. Tapi, berbeda dengan ayam bumbu pada umumnya, ayam betutu punya cita rasa yang kaya akan rempah, lho.

Bayangkan saja, untuk membuat satu porsi, jenis bumbu yang dipakai sangat banyak. Mulai dari cabai merah, jahe, kunyit, lengkuas, serai, bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, daun jeruk purut, merica hitam, dan garam. Nggak hanya nikmat dan memancing seluruh panca indra, makan ayam betutu juga membuat perut terasa hangat.

Cocok banget disantap dengan nasi panas dan sayur-mayur, ayam betutu juga memiliki proses masak yang sangat rumit. Semuanya di awali dengan penumisan bumbu rempah sampai harum di wajan.

Setelah wangi keluar, bumbu rempah tersebut dimasukkan ke dalam rongga ayam, dan sebagian dilumuri di seluruh bagian ayam, biarkan semalaman. Selanjutnya, tambahkan serai dan daun salam, lalu bungkus ayam dengan daun pisang, kukus selama dua jam. Setelahnya, panggang dalam oven dengan suhu 185 derajat Celcius selama dua jam hingga matang.

Proses ini dilakukan agar cita rasa yang dihasilkan benar-benar berkesan di lidah banget. Paduan rasa dan potongan daging ayam empuk berpadu dengan pas di lidah, buat yang suka makanan kaya rempah dan pedas pasti ketagihan, deh.

Pecinta menu yang satu ini harus berterimakasih dengan pasangan asal Gianyar, Ni Wayan Tempeh dan suaminya I Nyoman Suratna. Pasangan suami istri membuat kreasi ayam betutu untuk dijual di Terminal Lama Gilimanuk sejak tahun 1976, dan masih terus diminati sampai sekarang. Usaha ini pun masih terus dilanjutkan oleh anak-anaknya.

Berhubung ayam betutu biasanya dimasak satu ekor utuh, maka porsi yang disajikan cukup besar untuk dibagi banyak orang. Paling pas dinikmati sekeluarga atau bareng teman segeng saat di Bali, 4-6 orang per porsi. Tertarik mencicipi kenikmatan ayam betutu.

Pengin liburan ke sini? Bisa banget! Yuk, pesan tiket pesawat murah ke Bali dan cari hotel murah di Bali lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Bali cari hotel murah di Bali

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top