Berita

Aturan Naik Kereta Api Jarak Jauh untuk Ibu Hamil

Untuk kesehatan dan keselamatan ibu hamil di Indonesia, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengeluarkan peraturan baru untuk ibu hamil yang ingin naik kereta api jarak jauh. Peraturannya simpel, yaitu ibu hamil yang dibolehkan naik kereta api jarak jauh usia kandungannya harus antara 14-28 minggu.

Apabila usia kandungan kurang dari 14 minggu atau lebih dari 28 minggu, ibu hamil tersebut harus melampirkan surat keterangan dari dokter kandungan atau bidan yang menyatakan bahwa kandungan mereka sehat dan tidak ada kelainan. Selain itu, ibu hamil juga harus didampingi minimal satu orang.

Jika tidak membawa surat keterangan dari dokter atau bidan, ibu hamil bisa memeriksakan kandungan di pos stasiun kesehatan stasiun. Kalau kondisi ibu hamil tidak memungkinkan untuk melakukan perjalanan jauh dengan kereta api, KAI akan membatalkan perjalanan tersebut dan biaya tiket akan dikembalikan 100%.

Dan andaikan di dalam kereta api terdapat ibu hamil yang usia kandungannya kurang dari 14 minggu atau lebih dari 28 minggu dan tidak melampirkan surat keterangan dari dokter atau bidan, risiko menjadi tanggung jawab si penumpang.

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Sekarang, kamu sudah tahu kan usia kandungan yang tepat untuk ibu hamil yang ingin melakukan perjalanan jarak jauh dengan kereta api. Jangan sampai nekat, ya, travelers! Soalnya, ada risiko-risiko yang berbahaya bagi janin dan diri sendiri. Kalau usia kandunganmu sudah tepat, yuk, rencanakan traveling kamu dengan pesan tiket kereta api dan hotel murah lewat Pegipegi!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 210 times, 1 visits today)

Comments

To Top