Tips

Aturan-aturan Unik yang Tidak Boleh Dilanggar di Berbagai Negara

Travelers, buat kita yang tinggal di Indonesia, mungkin jarang sekali ya mendengar aturan-aturan yang aneh, nyentrik, nggak biasa dan cenderung menggelikan. Tapi,  Pegipegi punya ulasannya nih. Siap-siap ya!kalau kamu jalan-jalan ke luar negeri, kamu mestinya tahu pantangan apa yang tidak boleh dilakukan. Salah-salah malah kamu kena denda, dipenjara, atau bahkan dibuat malu.

1.      Jangan memberi makan merpati (Italia)

Foto 1 Aturan Unik Di Berbagai Negara

Di Italia, khususnya di Venice, memberi makan merpati dianggap ilegal. Biarpun kita gemas melihat begitu banyak merpati yang hinggap di trotoar tetapi kota ini punya masalah sendiri. Kotoran merpati bisa merajalela dan mengotori bangunan yang ada di kota. Dendanya juga tidak main-main karena yang melanggar bisa dikenai US$50 – $600. Kamu pasti tidak mau kan, travelers?

2.      Jangan memakai celana hot pink (Australia)

Foto 2 Aturan Unik Di Berbagai Negara

Di Victoria, siapa saja yang memakai celana pendek hot pink dianggap ilegal, yaitu pada tengah hari pada hari Minggu. Biarpun tidak diketahui berapa denda atau sanksinya, tapi bagaimana ya kalau yang pakai bayi atau anak kecil yang suka dengan warna pink?

3.      Dilarang memandang manekin (Inggris Raya)

Foto 3 Aturan Unik Di Berbagai Negara

Salah satu hukum yang harus diingat baik-baik buat travelers semua yang sedang liburan bersama keluarga di UK. Anak-anak di bawah 10 tahun dilarang keras melihat manekin telanjang yang memang banyak tersebar di berbagai penjuru kota di UK. Mungkin anak-anak memang belum pantas melihatnya ya, travelers?

4.      Jangan mengemudi dengan mobil kotor (Rusia)

Foto 4 Aturan Unik Di Berbagai Negara

Travelers, kalau kamu liburan ke Moskow, Rusia, jangan sekali-kali mengendarai mobil dengan kondisi kotor ya. Biarpun kita tidak tahu seperti apa definisi kotor menurut pemerintah setempat, tetapi siapa saja yang melanggar aturan ini bakal kena denda US$100. Mungkin ini alasannya ya kenapa mobil-mobil di ibukota Rusia hampir semuanya kinclong alias bersih.

5.      Jangan mengunyah permen karet (Singapura)

Foto 5 Aturan Unik Di Berbagai Negara

Di negera tetangga, Singapura, permen karet tidak dijual dan mengunyah permen karet bisa membuat kamu terkena masalah. Kenapa? Karena permen karet yang kamu buang bisa saja dimakan oleh burung. Begitu juga kalau kamu meludah dan tidak membersihkan toilet umum. Singapura memang dikenal sebagai tempat wisata yang bersih dan mereka ingin menjaganya tetap seperti itu. Hm, kira-kira kapan ya Indonesia bisa menerapkan aturan seperti ini?

6.      Kalau berkendara, wajib menyalakan lampu (Denmark)

Foto 6 Aturan Unik Di Berbagai Negara

Travelers, tahukah kamu kalau pengemudi di Denmark harus menyalakan lampu besar mobil mereka? Kalau di malam hari tidak aneh ya, tetapi di siang bolong mereka juga harus tetap menyalakannya. Kalau tidak, sang pengemudi bisa kena denda US$100. Konon katanya, aturan ini bisa mencegah terjadinya kecelakan kendaraan di Denmark.

7.      Ujian akhir harus jujur (Bangladesh)

Foto 7 Aturan Unik Di Berbagai Negara

Di Bangladesh, anak-anak yang berumur 15 tahun ke atas akan dimasukan ke penjara kalau tidak jujur saat melaksanakan ujian akhir. Tiap tahun, pemerintah Bangladesh berusaha keras untuk menghentikan praktik kecurangan selama ujian baik lewat televisi maupun media cetak agar generasi muda bisa belajar untuk bersikap jujur. Hebat ya, travelers?

8.      Dilarang punya anak lebih dari satu (Cina)

A girl holds the hands of her parents as they walk on a street in Beijing

Di Cina, pasangan yang sudah menikah tidak diijinkan punya anak lebih dari satu. Kebijakan ini diperkenalkan pada tahun 1978 untuk mengontrol populasi penduduk yang meningkat begitu drastis. Namun, di beberapa daerah, bila anak pertama adalah seorang gadis yang ditengarai cacat, sakit mental, atau punya penyakit, pasangan tersebut diperbolehkan punya anak lagi. Jika melanggar aturan, maka pemerintah akan memberikan hukuman dalam bentuk uang yang tidak murah.

 

Travelers, agak aneh juga ya aturan yang dibuat di negara-negara tersebut di atas? Tapi, penduduknya patuh kok. Ini tentu dilakukan untuk kepentingan bersama.

(Visited 2,040 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top