Destinasi

Asyiknya City Tour Keliling Jakarta

jakarta city tour 1

jakarta city tour

Ingin liburan, tapi malas keluar kota. Ke mal pun bosan. Mending travelers jalan-jalan keliling Jakarta deh.

Ah, tapi kan macet. Nah, pikiran itu pasti banyak menghinggap di otak kita. Padahal, ada wisata asyik yang bisa menghilangkan penat sejenak dengan mengetahui sejarah ibu kota Indonesia ini.

Travelers bisa mengikuti program city tour yang diadakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta itu. Gratis pula. Wah, makin seru dong. Nah, bagi kamu yang memang belum punya rencana ke mana pun akhir pecan ini, pas banget nih ikutan city tour Jakarta. Selain bisa menikmati pemandangan Kota Jakarta yang gemerlap, kalian juga dapat banyak pengetahuan lho.

Jika sudah siap, segera deh naik bis bertingkat ini di halte khusus city tour. Kalian nggak usah bingung. Ada kok rambu khusus di mana city tour ini berada. Tentunya, sesuai dengan rute yang dilewati bis tersebut. Tapi sedikit bersabar ya, kalau travelers beruntung, antreannya cuma lima menit saja. Kalau lagi “apes”, bisa deh lebih dari 10 menit. Maklum, armadanya baru ada lima buah. Tapi jangan khawatir, travelers dijamin nggak bakal bosan ikut city tour ini.

Bis city tour Jakarta yang didominasi warna biru dan ungu ini tersedia setiap hari travelers. Jangan takut nggak bisa jalan-jalan deh, kalau kalian nggak sempat di hari kerja, pergi saja di hari Sabtu atau Minggu. City tour Jakarta ini setiap Senin-Sabtu ada mulai pukul 09.00 pagi sampai 19.00 malam. Sementara khusus untuk hari Minggu ada mulai pukul 12.00 siang sampai 19.00 malam.

istiqlal

Kalian bisa “colong” start mulai dari Bundaran Hotel Indonesia (HI). Untuk rutenya, setelah dari Bundaran HI, kalian akan diajak berputar-putar ke Sarinah-Museum Nasional-Halte Santa Maria-Pasar Baru-Gedung Kesenian Jakarta-Masjid Istiqlal-Istana Merdeka-Monas-Balaikota-Sarinah, dan kembali ke Bundaran HI.

Bis wisata yang sudah ada sejak 24 Februari 2014 ini bakal mengajak kalian mempelajari segelintir sejarah dari Kota Jakarta. Selama sekitar satu jam, tour guide akan menjelaskan gedung-gedung dan bangunan kuno yang berada di Jakarta. Berhubung bis ini bertingkat, disarankan kamu duduk di bawah agar bisa mendengar dengan jelas apa yang dijelaskan oleh sang pemandu wisata.

Sang guide pun memaparkan gedung-gedung yang ada selama perjalanan. Beberapa di antaranya yakni menjelaskan sejarah dari berdirinya patung selamat datang di Bundaran HI, arti dari jalan Juanda yang diambil dari nama Perdana Menteri Juanda, sampai arsitek di balik Masjid Istiqlal.

Selama di dalam bis pun kalian nggak perlu takut ada copet atau orang jahat yang bakal menjahati kamu. Karena, di dalam bis ini ada empat petugas yang siap melayani dan menjaga kamu serta dilengkapi dengan CCTV. Para petugas itu adalah sang pemandu wisata, petugas onboard, supir, dan polisi pariwisata, guide dan petugas onboard. Bus akan berkeliling Jakarta secara perlahan dan akan berhenti di setiap halte untuk menaikkan dan menurunkan penumpang.

Tidak seperti bis pada umumnya, bis city tour Jakarta tidak ngebut-ngebutan lho travelers. Kecepatan dari bis ini rata-rata hanya 10-20 kilometer per jam. Jadi kalian bisa menikmati Kota Jakarta dengan nyaman dan aman. Tapi saran saja nih travelers, kalau kalian ingin menikmati city tour Jakarta, jangan terlalu banyak selfie ya. Alih-alih, bukannya tahu seluk beluk Jakarta, malah sibuk berfoto-foto ria nih. Selamat mencoba!

(Visited 605 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top