Destinasi

Asyiknya berarung jeram di Bali

telaga waja 5

Selain menjelajah pantai-pantai indah dan menikmati eksotisme budaya, arung jeram atau white water rafting bisa menjadi pilihan aktivitas seru di Bali. Kegiatan mengasyikkan yang memacu adrenalin ini bisa kamu lakukan bersama teman-teman dan keluarga. Ada beberapa sungai di Bali yang memang cocok dijadikan tempat berarung jeram, karena memang memiliki jeram-jeram dan arus yang deras. Bonusnya, kamu pun bisa menikmati pemandangan alam yang indah selama arung jeram.

Salah satu sungai yang ideal untuk berarung jeram adalah Sungai Ayung yang berada di kawasan Ubud. Sungai Ayung merupakan sungai yang berbentuk palung, dilapisi pasir di dasar sungainya dan memiliki sedikit bebatuan besar. Pemandangan di sekitar Sungai Ayung begitu indah dengan air terjun, pepohonan, dan pahatan relief di tebing batu. Di sebelah baratnya juga terlihat area sawah dan tegalan yang hijau. Beberapa vila dan hotel juga nampak dari sungai. Tingkat kesulitan arung jeram di sungai Ayung berada di level 2-3, tidak terlalu sulit, yang berarti baik digunakan untuk peserta pemula maupun bagi keluarga.

ayung 1

Rafting di Sungai Ayung dijamin mengasyikkan. Karena jeramnya tidak begitu sulit, kamu bisa mendayung sambil menikmati pemandangan yang indah. Mungkin pemandu akan menawarimu berenang di sungai, atau mungkin malah menggulingkan perahu sehingga semua penumpangnya “terpaksa” berenang. Jangan khawatir, life jacket akan menjagamu tetap mengapung. Nikmati saja sensasinya sambil menikmati sejuknya air.

ayung 2

Lalu bagaimana menuju sungai ini? Dari arah Denpasar, Sungai Ayung dapat ditempuh selama 1 jam perjalanan dengan mobil. Sungai ini merupakan sungai yang membelah dua Kabupaten yaitu Kabupaten Badung dan Kabupaten Gianyar. Untuk berarung jeram di sungai ini, kamu bisa memilih beberapa operator dengan harga yang berbeda, tergantung jumlah rombongan. Untuk 1-5 orang, harga per orang sekitar 300 ribu rupiah untuk dewasa, sedangkan anak 250 ribu rupiah. Untuk 6-10 orang, dewasa per orang 285 ribu rupiah, dan anak 235 ribu rupiah. Diatas 10 orang, lebih murah lagi yaitu 275 ribu rupiah untuk dewasa, dan 225 ribu untuk anak. Kamu juga bisa mengambil paket family yang dipatok seharga 950 ribu rupiah all-in, untuk 2 orang dewasa dan 2 anak. Fasilitas yang disediakan meliputi pemandu, perlengkapan rafting, dan perlengkapan keselamatan seperti helm dan life jacket.

Sungai lain yang populer sebagai tempat berarung jeram adalah Sungai Telaga Waja. Sungai ini merupakan aliran sungai yang terbetuk dari jalur aliran lahar dari gunung berapi, yaitu Gunung Agung. Karena itulah, di sepanjang sungai kamu akan banyak menemukan bebatuan besar dan dasar sungainya sendiri datar serta berkerikil dengan arus yang deras. Air sungai ini juga lebih dingin dibandingkan Sungai Ayung.

telaga waja 2

Sungai Telaga Waja menyajikan pemandangan indah yang hampir sama dengan Ayung, akan tetapi tidak ditemukan adanya hotel maupun villa di jalur tersebut. Kawasan Sungai Telaga Waja diliputi perbukitan. Di sepanjang trek rafting, kamu bisa melihat petak-petak sawah, hijaunya perbukitan, serta tebing sungai yang indah dengan pemandangan air terjun. Bagaimana dengan tingkat kesulitannya? Level arung jeram di sungai Telaga Waja adalah level 3-4 yang berarti level yang lebih menantang dan cocok bagi orang yang ber-adrenalin tinggi.

Arung jeram di Sungai Telaga Waja dijamin seru dan menegangkan. Jeram-jeram yang ada lebih “sangar” dibandingkan Sungai Ayung. Titik yang palingditunggu oleh para pecinta rafting di Sungai Telaga Waja ini adalah Jumping Point setinggi kurang lebih 4 meter sebelum garis finish. Jangan kuatir, walaupun membuat jantungmu berpacu, titik ini aman kok.

telaga waja 4

Bagaimana menuju Sungai Telaga Waja? Sungai ini terletak di desa Muncan, Karangasem, Bali Timur. Wilayahnya dapat dicapai dalam waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan dari daerah wisata Kuta, Legian, Sanur dan Seminyak. Untuk berarung jeram di Sungai Telaga Waja, kamu tinggal mencari operator yang melayaninya. Harganya kurang lebih sam dengan Sungai Ayung, dengan fasilitas yang sama.

Pasti kamu sudah tidak sabar ‘kan ingin berarung jeram? Ini beberapa tips-nya: ketika berarung jeram, pakailah sandal gunung atau sepatu tahan air yang tidak mudah lepas dari kaki. Pakaian yang dikenakan-pun harus nyaman. Bila suka menggunakan wetsuit, kamu bisa memakainya. Helm dan life jacket-pun harus dikencangkan dengan benar.

 

Mau langsung merasakan asyiknya arung jeram di Bali? Yuk cari jadwal penerbangan yang asyik di Pegipegi!

 

 

(Visited 241 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top