Berita

Asal Usul “Wkwkwkwk”, Cara Orang Indonesia Tertawa di Dunia Maya

Bagi orang Indonesia, ada banyak cara buat mengekspresikan tawa mereka melalui tulisan. Mulai dari “Hehehe”, “Ahahaha” atau “Kkkkk”.

Namun, kebanyakan dari kita paling nyaman menggunakan “Wwkwkwkw” sebagai cara tertawa, khususnya di dunia maya. Entah itu lewat media sosial atau aplikasi chat seperti Whatsapp atau Line, “Wkwkwkwk” jadi cara tertawa yang umum ditemukan.

Tentu saja hal ini bikin heran, nggak cuma kita sebagai orang Indonesia, tetapi juga orang di luar negeri yang melihatnya. Bahkan, beberapa publik figur internasional, seperti Owl City pernah memeragakan cara tertawa khas Indonesia tersebut melalui akun Twitter-nya.

Well, sebuah itu ada sebabnya, lho. Seperti yang dikutip dari Kompas, “Wkwkwkwk” muncul di tengah komunitas gaming lokal pada era 2003-an. Awalnya, penggunaan kata “haha” dianggap sangat formal di dunia game. Pemain lebih memilih untuk menggunakan kata “huehue” dan “huahua” untuk ekspresi tertawa.

Hasilnya, pemain memilih menggunakan kata “hwhwhw”. Kemudian kata itu berubah lagi menjadi “wkwk” dengan alasan lebih mudah diketik dibandingkan “haha”. Pemain game online bisa mengetikkan huruf “w” dengan tanpa menggerakan tangan kiri. Sementara itu, huruf “k” bisa diketik tanpa menggerakan tangan kanan.

Setelah itu, menjamurnya media sosial seperti Friendster di 2005 kemudian Facebook dan Twitter di 2008 dan 2009 menjadi panggung tersendirin bagi kata “Wkwkwkwk” hingga sekarang. Meski sempat dicap alay, nyatanya “Wkwkwkwk” nggak pernah berhenti digunakan orang Indonesia.

Ketawa mulu, nih! Mending liburan sama Pegiepegi, yuk. Buruan pesan tiket bustiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi, ya.

PESAN TIKET BUS MURAH PESAN TIKET PESAWAT MURAH PESAN TIKET KERETA API MURAH CARI HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top