Kuliner

Asal Usul Soto Kudus, si Hangat yang Melegenda

Dari namanya, kita sudah tahu bahwa soto kudus pastinya berasal dari Kota Kudus. Soto kudus disajikan dengan mangkuk kecil berisi kuah bening dengan air asam jawa yang ditambah dengan nasi, suwiran ayam, dan tauge. Sekilas, makanan ini tampak sederhana, namun setelah dicoba, kamu akan merasakan cita rasa yang nikmat! Kali ini, Pegipegi pengin membahas soal asal usul soto kudus yang melegenda.

Mulanya soto sendiri adalah masakan Tiongkok

Ternyata soto sendiri diambil dari kata ‘caudo’ yang merupakan masakan khas Tiongkok. Caudo pertama kali dikenal di Kota Semarang. Lama-lama, nama caudo berubah menjadi soto. Soto sendiri memiliki bahan mie dan bihun yang  aslinya juga berasal dari Tiongkok. Untuk menyesuaikan soto dengan bumbu yang cocok untuk orang Indonesia, lahirlah soto semarang, soto madura, soto kudus, dan lain-lain.

Aslinya menggunakan daging kerbau

Kalau kamu menikmati soto kudus di Kudus, kamu akan disajikan soto kudus dengan daging kerbau. Semakin lezat dengan tambahan nasi, mie putih atau soun, tauge, irisan kol, butiran kacang kedelai, taburan daun seledri, dan bawang goreng. Bahan pelengkap itu, disiram kuah dari kaldu daging kerbau yang panas, yang telah diberi bumbu rempah-rempah, seperti cengkih, kayu manis, kemiri, dan perasan jeruk limau.

Biasanya, sate telur puyuh, gorengan, dan paru kerbau jadi pelengkap soto kudus. Pada penyajiannya, kamu juga bisa request soto kudus yang terpisah dari nasinya. Namun, soto kudus akan terasa lebih sedap jika dimakan langsung dengan nasi putih.

Daging kerbaunya empuk dan racikan bumbunya enak banget. Mereka menggunakan daging kerbau karena ada larangan mengonsumsi daging sapi di Kota Kudus. Menurut cerita yang beredar, Sunan Kudus yang kala itu menyebarkan agama Islam di Kudus menyebarkan agama Islam di Kudus, menyosialisasikan agama Islam ke penduduk yang memeluk agama Hindu dan Buddha dengan cara simpatik. Agar tidak menyinggung mereka yang tidak boleh mengonsumsi daging sapi, beliau pun menyucikan binatang sapi. Hingga saat ini, warga Kudus pun jarang yang mengonsumsi daging sapi.

Untuk menikmati soto kudus yang asli dari Kudus, langsung aja rencanakan liburanmu ke Kudus dengan pesan tiket pesawat dan cari hotel murah di Kudus lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke kudus  cari hotel murah di kudus

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

 

 

 

 

(Visited 73 times, 1 visits today)

Comments

To Top