Kuliner

Asal Usul Seblak, si Hangat yang Memikat Lidah

Belakangan ini, seblak menjadi makanan yang tren dan lezat di lidah banyak orang. Jangan cuma bisa menikmati lezatnya seblak, namun kamu juga harus tahu mengenai asal usul seblak. Simak bareng Pegipegi, yuk!

Dibuat agar kerupuk tidak terbuang

Seblak biasanya terdiri dari kerupuk kenyal yang ditumis dengan bumbu khas beraroma kencur dan bercita rasa pedas. Setelah ditumis, kerupuk mentah yang sudah direndam air semalaman atau disiram air panas sampai kenyal kemudian ditambahkan ke dalam tumisan bumbu. Bumbu yang dipakai untuk membuat seblak antara lain bawang merah, bawang putih, garam, kencur, cabai rawit, kunyit, dan penyedap rasa. Banyak yang memanfaatkan seblak untuk menghabiskan sisa kerupuk yang tidak terpakai.

Kuncinya adalah di kencur

Dok. Pegipegi

Kerupuk rebus di seblak memang nikmat saat dimakan, apalagi terasa kenyal di lidah. Namun, bukan kerupuk yang menjadi kunci utama seblak. Melainkan bumbu kencur yang gurih. Kerupuk hanya topping tambahan aja. Di zaman sekarang ini, seblak pun hadir dengan banyak topping, seperti bakso, sosis, mie, kwetiaw, ceker, tulang, tahu, daun bawang, dan lain-lain. Semakin pedas seblak, biasanya makin disukai, terutama oleh pecinta pedas.

Berasal dari Jawa Barat?

Dok. Pegipegi

Seblak banyak dijual oleh warung atau pedagang keliling di Jawa Barat, terutama Kota Bandung. Namun, ada sumber lain yang menyatakan bahwa seblak berasal dari Sumpiuh, Banyumas, Jawa Tengah. Di Sumpiuh, seblak sudah ada sejak tahun 1940-an.

Seblak Sumpiuh bernama kerupuk godog, karena kerupuk udang yang dipakai tidak digoreng melainkan digodog atau direbus. Sehingga, kerupuk godog juga punya sensasi kenyal seperti seblak. Seblak juga ada di Cianjur sejak zaman penjajahan Belanda dan sering dikonsumsi oleh masyarakat dengan ekonomi bawah. Karena makanan yang satu ini populer banget, kedai seblak di Jakarta juga cukup banyak, lho. Salah satunya Seblak Jeletet Murni yang sudah memiliki banyak cabang.

Pengin cobain seblak yang asli dari Bandung? Langsung aja rencanain liburan kamu ke Bandung dengan pesan tiket pesawat atau tiket kereta api ke Bandung lewat Pegipegi, ya! Jangan lupa buat cari hotel murah di Bandung juga, ya!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah di bandung

Foto utama: https://www.shutterstock.com/

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 267 times, 2 visits today)

Comments

To Top