Kuliner

Asal Usul Nasi Uduk, Makanan Favorit Khas Betawi

Nasi uduk sudah menjadi makanan favorit orang Indonesia, terutawa warga Betawi. Aroma santan dari kelapa parut dan aneka bumbu pada nasi uduk sangat menggoda dan bikin kita cepat lapar. Kali ini, Pegipegi ingin berbagai soal asal usul nasi uduk. Mau tahu? Yuk, simak bareng Pegipegi!

Berasal dari tanah Melayu

Nasi uduk sudah ada di antara abad 14 hingga 16 dan masuk melalui jalur perdagangan oleh pedagang-pedagang dari tanah Melayu. Mereka hijrah dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa. Soal nama, nama nasi uduk diambil dari Bahasa Sunda, ‘uduk’ yang berarti bersatu atau bercampur.

Ada juga yang bilang bahwa kata ‘uduk’ memiliki makna susah, apalagi di zaman dulu, nasi uduk hanya bisa dibeli di pasar atau dijual menggunakan gerobak. Sudah banyak perempuan Indonesia yang memasak nasi uduk untuk dijual di pasar demi mencari nafkah. Karena, memasak nasi uduk cukup mudah.

Di zaman sekarang, nasi uduk bisa dibeli di mana aja, dari pasar, kedai, hingga resto. Makanan pendamping untuk nasi uduk pun semakin beragam, mulai dari tempe/tahu goreng, telur dadar, ayam goreng, abon, sambal kacang, dan lain-lain.

Mulanya dijual di Kebon Kacang, Jakarta Pusat

Kalau di Jakarta sendiri, nasi uduk pertama kali dijual di kawasan Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Nasi Uduk Kebon Kacang identik dengan nasi uduk yang dibungkus daun pisang bentuk kerucut dengan taburan bawang goreng. Nama ‘Kebon Kacang’ kerap dijadikan nama kedai nasi uduk oleh para pedagang nasi uduk supaya dagangan mereka laris.

Kalau kamu berasal dari luar Jakarta dan akan ke Jakarta dalam waktu dekat, jangan lupa cobain makan nasi uduk lezat di 5 kedai nasi uduk yang tidak pernah sepi ini. Supaya bujet liburan ke Jakarta kamu terjangkau, ayo pesan tiket pesawat, tiket kereta, dan hotel murah di Jakarta lewat Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah ke jakarta  pesan tiket kereta api murah ke jakarta  cari hotel murah di jakarta

Foto: https://www.shutterstock.com/

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

 

 

(Visited 199 times, 2 visits today)

Comments

To Top