Kuliner

Asal Usul Cireng dan 5 Tempat Beli Cireng Enak di Bandung

Sebagai penggemar kuliner, pastinya kamu nggak asing dengan camilan bernama cireng. Apalagi, kini sudah banyak yang menjual cireng. Tapi, jangan cuma asal makan dan menikmati enaknya cireng. Kamu juga perlu tahu mengenai asal usul gorengan yang satu ini. Pegipegi juga punya rekomendasi tempat beli cireng enak di Bandung, lho! Makanya simak terus, ya!

Sudah terkenal sejak tahun 80-an

Cireng merupakan singkatan dari aci goreng. Makanan renyah ini berasal dari Sunda. Cara membuatnya adalah dengan menggoreng campuran berbagai bahan dengan bahan utamanya, yaitu tepung kanji. Umumnya, bahan makanan lain yang digunakan adalah garam, merica, penyedap rasa, daun bawang, tepung terigu, bawang putih, kedelai, dan minyak goreng.

Cireng sudah terkenal sejak tahun 80-an. Ketika itu, sudah banyak pedagang cireng yang menjual dagangan mereka dengan sepeda. Bahkan, di belakang sepedanya terdapat peralatan untuk membuat cireng. Cireng pun nggak hanya terkenal di kalangan orang Sunda, tapi juga terkenal di seluruh Indonesia.

Bahkan, sudah banyak orang yang melakukan inovasi pada cireng. Bentuk cireng kini bukan hanya bulat, tapi bisa kotak, hati, dan lain-lain. Dan isi cireng pun sudah beragam, mulai dari keju, cornet, daging, sosis, bakso, teriyaki, dan lain-lain. Cireng yang original aja sudah enak banget, apalagi yang pakai isi!

Beli cireng Bandung enak di mana?

Memang sih kini cireng sudah dijual di mana-mana, tapi nggak ada yang mengalahkan sedapnya cireng khas Bandung! Kalau liburan ke Bandung, kamu wajib mampir ke tempat-tempat berikut untuk beli cireng! Dijamin pengin beli lagi!

1. Cirreng Cipaganti

Meskipun cuma bermodalkan gerobak, tapi Cirreng Cipaganti sudah terkenal banget! Kedai yang berada di jalan Lamping No. 17, Pasteur, Sukajadi ini selalu ramai akan pengunjung. Bukan cuma cireng yang dijual di sana, tapi juga cilok dan kerupuk seblak. Harga yang ditawarkan juga terjangkau banget! Cireng Sambal Kacang isi 10 dijual dengan harga Rp 12 ribu*, Cireng Isi (keju, abon, sosis, kornet) isi 10 dihargai Rp 18 ribu*. Menggiurkan banget kan, travelers! Cirreng Cipaganti juga menjual cireng dalam bentuk mentah, jadi bisa kamu bawa pulang untuk oleh-oleh.

2. Cireng Kamsia

Tawaran kemitraan usaha cireng Kamsia milik Fadly Alfiansyah di Bandung, Jawa Barat. Foto: DOK Cireng Kamsia

foto dari: kontan.co.id

Kalau ingin menikmati cireng dalam berbagai rasa, kamu wajib mampir ke Cireng Kamsia, di jalan Pajajaran Dalam I No 195/72, Pasir Kaliki. Nama menunya juga unik, seperti Cireng Krauk, Cireng Ngambang, Cireng Lumer, dan lain-lain. Bukan hanya nama, tapi isian cirengnya juga mantap karena menggunakan bahan berkualitas seperti ayam negeri, keju, sosis, dan lain-lan. Salah satu menu yang recommended untuk dipesan adalah Cireng Kamsia Krauk Sosis Rudal, yang berisi potongan sosis sapi dengan bumbu rahasia Cireng Kamsia.

3. Cireng Keraton

cireng-keraton

foto oleh: opensnap.com

 

Cireng Keraton berani mengklaim bahwa cireng mereka bukanlah cireng biasa. Tujuan mereka mendirikan kedai ini adalah supaya cireng tidak dilupakan masyarakat. Makanya, Cireng Keraton bikin inovasi dengan membuat cireng aneka rasa, mulai dari daging sapi pedas, daging ayam pedas, sosis pedas, keju, pizza, hingga keju daging asap. Cireng Keraton juga menjamin bahwa cireng mereka higienis dan nggak pakai pengawet. Kalau penasaran, langsung aja mampir ke Cireng Keraton, di Cihampelas Walk.

cireng-keraton2

foto dari: foody.id

4. Cireng Rampat

Cireng Rampat sudah berdiri sejak 1992. Cireng Rampat berani mengklaim bahwa mereka adalah pelopor cireng isi. Banyak isian yang ditawarkan oleh Cireng Rampat. Beda isi cireng, beda pula bentuknya, sehingga sangat memudahkan penjual dan pembeli saat memilih cireng. Ukurannya besar, tanpa bahan pengawet, juga terasa renyah! Kamu bisa mendapatkan Cireng Rampat di jalan Dipati Ukur.

5. Armor Kopi

armor-kopi

foto oleh: areamagz.com

Sebenarnya, Armor Kopi adalah tempat untuk menikmati hangatnya kopi di alam terbuka. Tapi, kamu bisa ngopi di sana sambil mencicipi Rujak Cireng, yaitu cireng original dengan saus rujak. Selama ini kan kita hanya makan cireng dengan cabai rawit atau sambal. Nah, ternyata cireng juga asyik dimakan dengan saus rujak! Makin pas jika dimakan di Amor Kopi yang menawarkan suasanan outdoor yang indah.

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Buat kamu yang ingin liburan ke Bandung dalam waktu dekat, selain bikin itinerary untuk mencicipi cireng, jangan lupa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah ke Bandung lewat Pegipegi, ya! Dijamin harganya lebih murah!

pesan tiket pesawat murah ke bandung pesan tiket kereta api murah ke bandung cari hotel murah di bandung

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 5,827 times, 16 visits today)

Comments

To Top