Kuliner

Asal Usul Bubur Ayam Sukabumi yang Melegenda

Siapa sih yang nggak suka bubur Sukabumi? Mau buat sarapan maupun makan malam, bubur Sukabumi jadi hidangan yang asyik untuk dinikmati.

Berbeda dengan bubur biasa seperti bubur Cianjur yang kebanyakan dijual, bubur Sukabumi hadir dengan topping cakwe lumayan banyak. Adonan kaldu ayamnya pun dilengkapi daun bawang yang nggak dicampur aduk dengan buburnya, sehingga lebih terasa segar.

Nah, di kota asalnya, bubur Sukabumi sudah sangat melegenda. Adalah kedai Bubur Ayam Bunut Siliwangi yang menjadi pioneer bekennya bubur Sukabumi, nggak cuma di Jawa Barat, tetapi juga seluruh Indonesia.

Berdiri sejak 1981, kedai Bubur Ayam Bunut Siliwangi adalah rintisan usaha H. To’i. Ia memulai semuanya dengan berjualan kelilingi dengan pikulan. Rumah Sakit Bunut (RSU Syamsudin) menjadi lokasi mangkal H. To’i menjajakan buburnya.

Semenjak cita rasa buburnya dicintai masyarakat Sukabumi, perlahan H. To’i membuka kedai kecil-kecilan di jalan Siliwangi No. 93. Puncak kesuksesannya pun hadir di tahun 2005 saat ia perdana membuka restoran bubur legendaris tersebut.

Bubur Sukabumi memang punya varian yang berbeda di tiap daerah. Namun bubur aslinya, justru menggunakan topping yang melimpah sebagai teman santapnya.

Rata-rata pengunjung resto Bubur Bunut ini memesan bubur spesial dengan topping seperti daging ayam, krupuk, emping, usus, telur muda, ati dan ampela. Dengan kuah kaldu yang gurih, bubur Sukabumi yang satu ini punya rasa yang bertahan lama di lidah.

Mau berburu bubur Sukabumi di kotanya langsung? Jangan lupa cari hotelnya lewat Pegipegi, ya! Selamat liburan!

cari hotel murah di Sukabumi

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top