Kuliner

Asal Usul Batagor Bandung, Jerih Payah Seorang Perantau

Penggemar kuliner kota Bandung pasti akrab dengan batagor. Kudapan bakso tahu goreng yang satu ini merupakan salah satu ikon kota Kembang yang sudah melegenda.

Berbahan dasar tepung terigu, batagor menggunakan tahu bakso sebagai isian utamanya. Makin terasa nikmat karena batagor disajikan dengan bumbu kacang yang lezat.

Saking populernya, batagor sudah melanglang buana, lho. Nggak cuma di Indonesia, batagor ternyata laris manis di beberapa negara tetangga, salah satunya Selandia Baru.

Modelnya pun kian bervariasi. Kini, kamu bisa mencicipi batagor dengan rasa yang lebih kekinian seperti Batagor Braders dengan cita rasa western hingga Batagor Jepang.

Tapi, tahukah kamu kalau batagor menyimpan kisah hidup yang cukup menarik dan mengharukan? Semuanya berawal dari seorang pria bernama Isan, yang mengadu nasibnya di kota Bandung pada tahun 1970.

Tradisi Berbagi

Sebagai seorang perantau dari Jawa Tengah, Isan melakukan segalanya agar dapat bertahan hidup di Bandung. Salah satu yang ia lakukan adalah menjajakan bakso tahu kukus keliling di daerah tempat tinggalnya, Kopo.

Sayang, nggak setiap hari ia dapat menjual habis dagangannya. Bahkan, banyak hari-hari di mana ia harus membagi-bagikan sisa dagangannya ke tetangga karena nggak laku.

Tentu saja, agar nggak basi, Isan menggoreng sisa bakso tahu dagangannya. Setelah itu, ia mendatangi tiap rumah tetangga untuk membagikan makanan tersebut.

Bisa Buka Kedai Sendiri

Well, ternyata tradisi yang dilakukan Isan justru berakhir positif. Banyak tetangga yang ketagihan bakso tahu goreng buatan Isan dan mulai memesan untuk kudapan di sore hari.

Tanpa pikir panjang, Isan pun mulai memproduksi batagor (bakso tahu goreng) secara rutin. Ia bahkan kebanjiran pesanan hingga ia memutuskan untuk membuka sendiri kedai batagor di jalan Bojongloa No. 38.

Berkat jerih payahnya, Batagor H.Isan pun dikenal luas hingga sekarang. Meski dirinya wafat pada 2010 lalu, Isan pantas dikenang sebagai Bapak Batagor Indonesia karena telah menginspirasi banyak pengusahan batagor di Bandung.

Untuk yang berada di luar Bandung, jangan lupa untuk sekalian pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Bandung lewat Pegipegi, ya. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Bandung  pesan tiket kereta api murah ke Bandung  cari hotel murah lain di Bandung

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top