Kuliner

Asal Usul Ayam Bakar Wongsolo yang Bukan Asli Solo

Bagi pecinta kuliner, Ayam Bakar Wongsolo terdengar cukup akrab di telinga. Dipadu dengan nasi putih hangat, kelezatan ayam bakar yang satu ini sangat menggelitik lidah.

Tapi tahukah kamu kalau Ayam Bakar Wongsolo itu bukan aslinya berasal dari kota Solo? Ayam Bakar wongsolo lahir di kota Medan, Sumatera Utara, lho.

Adalah Puspo Wardoyo yang pertama kali memperkenalkan ayam bakar Jawa ini di kota Medan. Pria yang sempat berprofesi sebagai guru ini memulai usaha Ayam Bakar Wongsolo pada tahun 1992, atau sekitar 26 tahun yang lalu!

Dengan modal Rp 700 ribu, pengusaha yang memang asli Solo ini membuka warung ayam bakar ala kaki lima di kawasan Polonia, Medan. Berkat usaha keras dan resep bumbu ayam bakar yang lezat, mas Puspo mampu memperluas jaringan usahanya dengan membuka beberapa cabang.

Kini, Ayam Bakar Wongsolo sudah memiliki 100 lebih outlet di seluruh Indonesia. Antara lain di Medan, Banda Aceh, Padang, Solo, Denpasar, Pekanbaru, Surabaya, Semarang, Jakarta, Malang, Yogyakarta dan beberapa kota di Sulawesi.

Bumbu Kecap Goyang Lidah

Secara tampilan, Ayam Bakar Wongsolo nggak ada bedanya dengan ayam bakar pada umumnya. Namun, ayam bakar yang satu ini memiliki bumbu kecap manis yang unik. Rasa manis yang sedikit pedas menyatu nikmat dengan lumuran lemak di kulitnya.

Tekstur ayam yang empuk berpadu dengan sambal korek pedas manis mampu membuat lidah tergelitik. Nasi putih hangat pun nggak boleh ketinggalan sebagai teman menikmati sepotong ayam yang satu ini.

Selain ayam bakar, kedai Ayam Bakar Wongsolo juga menyuguhkan beberapa menu andalan lainnya. Seperti ayam penyet, ikan gurame dan nila bakar, hingga tumis kikil.

Nah, tumis kikil di kedai ini terbilang menarik. Disajikan hangat dengan rempah-rempah, kamu dapat menikmati kikil potong dadu di dalam satu piring, menambah puas menu makan siang atau malam kamu.

Mau berburu Ayam Bakar Wongsolo? Sekalian liburan! Untuk yang berada di luar Medan, jangan lupa untuk sekalian pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Medan dan cari hotel murah lewat Pegipegi, ya. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Medan  pesan tiket kereta api murah ke Medan  cari hotel murah lain di Medan

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top