Destinasi

Berwisata sambil menguji nyali di Arung Jeram Citarum

arung-jeram-citarum

Pengen coba sesuatu yang beda di akhir pekan ini? Datang aja ke Bandung buat menguji nyali dengan ikutan Arung Jeram Citarum, travelers. Arung Jeram Citarum memang pernah ditutup beberapa waktu lalu karena menelan korban jiwa. Tapi kini Arung Jeram Citarum sudah kembali dibuka dengan sistem keamanan yang lebih baik, jadi kamu enggak perlu takut tenggelam di sini.

arung-jeram-citarum

foto : rudypraja.com

Pemandangan indah di sekitar Arung Jeram Citarum

Arung Jeram Citarum adalah spot arung jeram yang berlokasi di Desa Rajamandala, Kabupaten Bandung Barat. Arung Jeram Citarum juga disebut spot arung jeram legendaris karena di sinilah olahraga ekstrim arung jeram pertama kali dipraktekkan oleh sejumlah anak muda di tahun 90-an. Titik awal Arung Jeram Citarum ada di dekat Goa Sang Hyang Tikoro, sebuah goa mirip terowongan dengan Sungai Citarum yang mengalir deras di dalamnya. Sedangkan titik finishnya terletak di sekitar Jembatan Rajamandala Cianjur.

Dibutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk melewati jalur Arung Jeram Citarum, travelers. Di sepanjang perjalanan kamu akan ‘dihajar’ oleh arus sungai yang tak bersahabat, berbatu dan curam di beberapa titik. Satu hal yang membuat Arung Jeram Citarum istimewa adalah lokasinya yang jauh dari keramaian kota dan kamu membutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan jalan kaki dari Desa Rajamandala ke titik start Arung Jeram Citarum. Panorama indah bukit-bukit kapur eksotis,  pepohonan dan semak-semak yang masih rapat dan hawa sejuk pegunungan yang bikin kangen akan menemanimu sampai tiba di titik finish.

Keistimewaan lain dari Arung Jeram Citarum adalah adanya beberapa jalur arung jeram yang bisa kamu pilih dan semua memiliki tingkat kesulitan yang bervariasi. Para penggiat Arung Jeram Citarum mengatakan Sungai Citarum memiliki empat jenis medan yang cukup memicu adrenalin saat kita melintas di atasnya dengan perahu karet. Ada Eddies (pusaran air), Boil (jeram yang mirip air mendidih karena ada bebatuan di dasar sungai), Standing Wave (ombak besar yang akan bikin perahu karet kamu terguncang saat melewatinya) dan yang paling berbahaya adalah Hole atau lubang di dasar sungai. Hole bisa membuat perahu karetmu terbalik dan peserta bisa terseret arus jika kurang sigap atau terlalu panik.

Harga paket wisata Arung Jeram Citarum

Meski beberapa orang mengatakan Arung Jeram Citarum cukup aman buat pemula, jangan coba-coba mengarungi Sungai Citarum seorang diri tanpa ditemani instruktur atau para profesional lain di bidang arung jeram. Lebih baik kamu ikutan paket wisata Arung Jeram Citarum yang ditawarkan oleh beberapa biro wisata arung jeram di Bandung dan sekitarnya.

Umumnya harga paket Arung Jeram Citarum yang dipatok oleh para biro wisata adalah sekitar Rp 175 ribu sampai Rp 200 ribu per orang dan Rp 1,3 juta untuk satu sesi arung jeram yang dilakukan secara berkelompok (6 orang). Harga di atas juga sudah termasuk sewa perahu karet, pelampung, makan siang dan fee buat instruktur. Kamu juga ngga perlu repot-repot sewa mobil atau naik kendaraan umum ke Desa Rajamandala karena biro wisata arung jeram juga menyediakan fasilitas antar jemput buat para peserta Arung Jeram Citarum.

Sebelum mengarungi Sungai Citarum kamu akan mendapatkan pengarahan singkat dari instruktur tentang teknik emergency and rescue dan teknik menyelam dasar. Bukalah telinga kamu lebar-lebar saat instruktur memberikan pengarahan, karena ngga ada yang tahu apa yang akan kamu alami di sepanjang perjalanan Arung Jeram Citarum nanti.    

Saran Pegipegi kamu ikut Arung Jeram Citarum rame-rame sama teman atau keluarga biar bisa menjerit bareng-bareng waktu perahu karetmu terbalik atau menabrak batu di tengah sungai. Pastikan tubuhmu berada dalam kondisi fit, perut sudah terisi dan jangan lupa berdoa sebelum berangkat, travelers.

Penasaran ingin menaklukkan tantangan Arung Jeram Citarum? Hubungi Pegipegi.com dulu buat memesan tiket pesawat ke Bandung dan booking hotel nyaman terjangkau di sekitar Kota Bandung.

(Visited 490 times, 1 visits today)

Comments

To Top