Destinasi

Arosbaya, Bukit Kapur Cantik Mahakarya Manusia di Madura

Para penggemar foto instagenic harus mampir ke obyek wisata yang satu ini. Bukit Kapur Arosbaya adalah atraksi wisata yang sangat unik khas Pulau Madura.

Hadir di Kabupaten Bangkalan, Arosbaya menawarkan kompleks tebing kapur yang menawan. Meskipun masih berfungsi sebagai lokasi penambangan aktif, Arosbaya nyatanya dikenal luas sebagai obyek wisata anti-mainstream.

Berkat aktifitas penambangan, Bukit Kapur Arosbaya memiliki lanskap buatan yang sangat indah. Bukit ini seolah mempunyai jendela maupun pintu dengan ruangan terbuka sebagai kolam.

Kesan mistis pun hadir di bagian tengah Bukit Kapur Arosbaya. Terdapat ruang terbuka yang cukup besar, layaknya panggung teater ala pura di Bali atau candi kuno di kawasan Dieng, Jawa Tengah.

Tiap pengunjung diajak menikmati pesona dari Bukit Kapur Arosbaya dengan masuk ke berbagai lorong sempitnya. Rongga atau goa yang ada di Bukit Kapur Arosbaya pun tercipta lantaran aktivitas penambangan batu kapur di wilayah ini.

Mahakarya yang Unik

Bukit Kapur Arosbaya bukan obyek wisata yang kaya akan sejarah. Namun, aktivitas penambangan yang berlangsung selama bertahun-tahun menghadirkan mahakarya yang unik, lho.

Di beberapa dinding kapur, kamu dapat menikmati guratan relief yang mempesona. Tulisan tangan tersebut bukan berasal dari manusia purba, melainkan dari tangan-tangan para penambang yang bosan!

Relief tersebut biasanya berdampingan dengan tumbuhan paku yang sangat subur berkembang di kawasan lembab seperti ini. Jadi, meski dikelilingi batuan kapur, suhu udara di Bukit Kapur Arosbaya cukup sejuk.

Bukit Kapur Arosbaya mulai dikenal masyarakat luas lantaran tersebar di media sosial. Banyak wisatawan berkunjung ke sini hanya untuk berselfie ria sambil menikmati suasana mistis khas Bukit Kapur Arosbaya.

Tertarik buat main ke Bukit Kapur Arosbaya?

Wah, kira-kira kamu tertarik buat main ke sini?  Sekalian liburan di Madura, yuk, pesan hotel murah di Madura lewat di Pegipegi, ya!

cari hotel murah lain di Madura

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top