Destinasi

Serunya ngopi sambil bersantai di Agrowisata Kalibendo

Agrowisata-Kalibendo

Udah pernah ke Gunung Ijen, travelers? Kalo udah, datang juga dong ke tempat keren di Banyuwangi lainnya, yaitu Agrowisata Kalibendo. Lokasi wisata ini baru aja diresmikan beberapa waktu lalu, jadi wajar kalo kamu mungkin masih asing mendengar namanya. Agrowisata Kalibendo nggak jauh kok dari jalur pendakian ke Gunung Ijen. Dan kamu bisa datang ke sini buat melepas lelah seusai pendakian ke Kawah Gunung Ijen.

Agrowisata-Kalibendo

foto : indoturs.com

Agrowisata Kalibendo, penghasil kopi Robusta terbaik di Indonesia

Agrowisata Kalibendo sebenarnya adalah semacam perkebunan milik PT Perkebunan Kalibendo yang dimanfaatkan sebagai lokasi wisata baru di kawasan Banyuwangi, Jawa Timur. Perkebunan ini juga bukan perkebunan biasa travelers, karena kamu bisa menemukan tiga varietas sekaligus yang dibudidayakan di sini yaitu kopi, karet dan cengkeh. Hawanya sejuk soalnya terletak di lereng pegunungan. Trus gimana dengan pemandangannya?

Menapakkan kaki di Agrowisata Kalibendo kamu akan disambut dengan hamparan tanaman kopi, karet dan cengkeh yang hijau di sana-sini, sungguh menenangkan hati. Tapi itu baru di luarnya, travelers. Untuk memasuki kawasan Agrowisata Kalibendo kamu harus berjuang terlebih dahulu dengan menjelajahi beberapa puluh anak tangga yang cukup menanjak. Jalur lainnya juga ada sih, tapi diperuntukkan bagi mereka yang pengen menguji kecakapan mengendarai sepeda gunung. Selain itu jalannya juga ngga beraspal dan pasti licin kalo hujan turun.

Kedua jalur tadi akan membawamu ke pos pertama Agrowisata Kalibendo yang diberi nama Pondok Robusta. Nah di sini kamu bisa istirahat sejenak di sebuah pondok unik yang didesain dengan asitektur khas Banyuwangi, tampak menyatu dengan suasana alami di sekelilingnya. Di Pondok Robusta Agrowisata Kalibendo ini tersedia berbagai macam minuman kopi yang bisa kamu pesan, travelers. Ada kopi Arabica, kopi Robusta dan kopi luwak juga ada loh, travelers.

Kopi Robusta Agrowisata Kalibendo dengar-dengar sih berkualitas terbaik se-Indonesia. Makanya, rugi banget kan kalo kamu ngga sempat mencicipinya, langsung di tempat di mana kopi Robusta dibudidayakan. Sambil minum kopi kamu juga bisa menikmati jajanan ringan buatan warga sekitar Agrowisata Kalibendo seperti kue cucur, singkong rebus, dll.

Air Terjun Kalibendo, kesegaran alami di tengah Agrowisata Kalibendo

Kalo kopimu dah abis, lanjutkan perjalananmu menuju Pos Karet, pos kedua di Agrowisata Kalibendo. Pos ini masih harus kamu capai dengan berjalan kaki, travelers.Tapi jangan khawatir, pemandangan di sekitar yang cantik berupa hutan karet plus aliran Sungai Bendo yang jernih akan menemani kamu sepanjang perjalanan. Paling tidak kamu ngga akan merasa capek-capek amat setelah memandangi beningnya air Sungai Bendo.

O iya di sekitar Pos Karet juga ada Air Terjun Kalibendo yang menjadi daya tarik buat warga asli Banyuwangi untuk mendatangi Agrowisata Kalibendo. Air Terjun Kalibendo berketinggian sekitar 10 meter dan biasa dipake anak-anak muda Banyuwangi sebagai tempat nongkrong atau sayang-sayangan bersama si dia. Di sini juga tersedia beberapa kamar mandi umum yang biasa dipake pengunjung yang baru turun dari Gunung Ijen buat membersihkan diri dari abu dan bau belerang yang menempel di badan.

Sedangkan pos ketiga atau pos terakhir Agrowisata Kalibendo adalah semacam tanah lapang yang berdekatan dengan pabrik PT Perkebunan Kalibendo, travelers. Kamu bisa mencapainya setelah melintasi sebuah jembatan gantung dan mendaki sebuah tebing yang ngga begitu curam. Di pabrik ini kamu bisa melihat-lihat cara pemilihan dan pengolahan biji kopi sampai menjadi minuman kopi yang membuat kamu ketagihan. Di sini kamu juga bisa membeli kopi bikinan Agrowisata Kalibendo buat oleh-oleh orang-orang terkasih di rumah.

Agrowisata Kalibendo ngga terlalu jauh dari pusat Kota Banyuwangi, cuma 15 km aja dan bisa kamu tempuh dalam waktu sekitar 45 menit. Dari pusat kota kamu ambil arah menuju barat daya sampai Terminal Sasak Perot, Kecamatan Glagah. Dari sini kamu ambil arah barat sampai di pertigaan Patung Barong, Desa Banjarsari. Trus lurus aja sampai melewati Desa Kemiren dan Desa Banjarsari, travelers. Abis melewati Desa Banjarsari kamu akan sampai di Desa Kampung Anyar dan di sinilah nanti kamu akan melihat papan penunjuk jalan menuju Agrowisata Kalibendo.

Sayangnya belum ada informasi terpercaya tentang angkutan umum yang menuju Agrowisata Kalibendo. Jadi Pegipegi sarankan supaya kamu pake kendaraan pribadi atau sewaan aja buat berpetualang ke Agrowisata Kalibendo.

Trus buat informasi seputar keberangkatan pesawat dan booking hotel di sekitar Kota Banyuwangi kamu ngga perlu bingung, travelers. Kamu hubungi Pegipegi aja sekarang karena kami udah siap siaga untuk membantumu.

(Visited 810 times, 1 visits today)

Comments

To Top