Kuliner

Arabika Wamena, Kopi Ternikmat Indonesia dari Tanah Papua

Pernah mencicipi sajian kopi Arabika Wamena? Kalau kamu ngaku penggemar kopi sejati, varian yang satu ini nggak boleh terlewat!

Berasal dari Tanah Papua, kopi Arabika Wamena merupakan varietas dari India. Dikembagkan dengan teknik Kultivar Bourbon, kopi ini sering disandingkan dengan salah satu kopi ternikmat di dunia, Jamaica Blue Mountain.

Nggak heran sih. Dari sederet jenis kopi di Indonesia seperti Aceh Gayo, Lintong, Mandheling, hingga Luwak, Arabika Wamena adalah yang paling dicari orang, lho!

Memiliki tekstur yang sangat halus, aroma biji kopi Arabika Wamena terasa wangi. Memiliki kadar asam dan kafein yang rendah, kopi ini memiliki rasa manis yang organik. Jadi, jangan kaget kalau kopi Arabika Wamena menjadi salah satu varian termahal di kelasnya.

Foto: jhaicoffee

Para penikmat kopi yang pernah mencicipi varian Arabika Wamena setuju kalau kopi ini memiliki cita rasa yang khas jika dibandingkan dengan cita rasa kopi Arabika yang lain. Alhasil, kopi Arabika Wamena menjadi produk unggulan masyarakat di Papua.

Proses Alami Tanpa Kimia

Rasa nikmat itu datang bukan tanpa alasan, lho. Lantaran, kopi ini memiliki kemampuan untuk tumbuh secara alami di hutan tropis Papua.

Para petani biasanya memetik dan menanam biji kopi Arabika Wamena di ketinggian 1.600 mdpl. Dengan ketinggian tersebut, para petani menggunakan cara yang masih tradisional dalam pemeliharaan, tanpa pupuk  maupun pembasmi serangga kimia.

Foto: Cintacoffe

Setelah dipetik dan dikupas, biji kopi Arabika Wamena harus menjalani proses fermentasi selama 10 jam lamanya, untuk memastikan kematangannya. Langkah terakhi, para petani harus memastikan biji kopi hanya memiliki sisa air sebanyak 12 persen saja.

Hasilnya, walaupun memiliki warna hitam pekan, kopi Arabika Wamena masih terasa manis. Makin mantap jika menikmati secangkir kopi ini dengan pisang goreng maupun rebus hangat.

Nah, kira-kira kamu tertarik buat mencicipi kopi Arabika Wamena yang satu ini? Pegpegi sangat merekomendasikannya, lho!

Penasaran sama tahu kopi Arabika Wamena? Kalau gitu, yuk berburu kopi sambil liburan. Jangan lupa pesan tiket pesawat, tiket kereta dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket kereta api pesan tiket pesawat murah cari hotel murah

Foto utama: inhabitat

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

(Visited 159 times, 1 visits today)

Comments

To Top