Berita

Apa Itu Tahun Kabisat? Yuk, Temukan Jawabannya di Sini!

Semua orang pasti tahu dalam setahun itu ada 365 hari. Tapi, tahu nggak kamu kalau ada tahun di mana jumlah harinya lebih dari satu? Seperti yang kita semua rasakan di tahun 2020 ini.

Dinamakan tahun kabisat, penambahan hari biasanya diletakkan pada bulan paling pendek dalam setahun, seperti Februari. Nggak heran, pada Februari ada tanggal 29 di akhir bulan.

Pertanyaannya, kenapa ada aturan soal tahun kabisat sih? Nah, semuanya bisa dijelaskan secara ilmiah.

Dalam satu tahun, waktu yang dibutuhkan bumi untuk mengorbit atau mengelilingi matahari ternyata nggak pas 365 hari, lo. Ternyata bumi membutuhkan waktu 365 hari, 5 jam, 48 menit, dan 46 detik untuk mengelilingi Matahari.

Nah, kelebihan jam ini akan menjadi genap satu hari setiap 4 tahun sekali. Jumlah inilah yang ditambahkan ke dalam kalender bulan Februari dan menjadi 29 hari setiap empat tahun sekali.

Untuk memudahkan hitungan, satu tahun dibulatkan menjadi 365 hari. Kelebihan sekitar enam jam dalam satu tahun itu digabungkan di tahun keempat sebagai satu hari (6 jam x 4 = 24 jam/hari).

Pertanyaan selanjutnya, kenapa harus Februari sih? Well, keputusannya datang pada tahun 1500 Masehi. Tahun kabisat dicetuskan oleh astronom bernama Sosigenes Alenxandria yang hidup di zaman kepemimpinan Julius Caesar pada masa Romawi.

Karena bulan Februari memiliki jumlah hari 29 hari per bulan. Dan di tahun kabisat, setiap empat tahun sekali, Februari akan memiliki jumlah hari 30. Hanya saja, saat August Caesar menggantikan tahta Julius Caesar, dia mengganti salah satu bulan di penanggalannya menjadi bulan Augustus

Jatah hari di bulan Agustus yang harusnya hanya 30 hari, ditambahkan sehari menjadi 31. Bulan yang dikorbankan untuk diambil harinya adalah bulan Februari.

Karena Februari adalah bulan terakhir pada masa itu sebelum akhirnya diurutkan kembali, maka bulan tersebut jadi pilihan para kreator untuk mengambil sehari dari jumlah hari yang dimilikinya.

Sudah nggak penasaran kan? Berarti kamu sudah siap liburan! Biar makin mudah, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top