Berita

Apa Itu Diplomasi Panda? Ini Dia 5 Fakta Menariknya

Indonesia baru kedatangan dua mahluk lucu dari Negeri Tiongkok. Cia Tao dan Hu Chun tiba di Bandara Soekarno Hatta, Kamis (28/9) dengan selamat usai menempuh perjalanan berjam-jam dengan menumpang pesawat kargo Garuda Airlines.

Kedatangan dua giant panda ini bukan tanpa alasan lantaran melibatkan pemerintah kedua negara. Yap, ini merupakan tindak lanjut nota kerja sama antara Indonesia dengan Pemerintah Tiongkok dengan tajuk Diplomasi Panda.

Kedua giant panda ini merupakan pinjaman pengembangbiakan (breeding loan) dari Tiongkok. Tujuan dari Diplomasi Panda itu sendiri adalah untuk mempererat tali diplomasi kedua belah negara melalui berbagai bidang, termasuk ilmu pengetahuan serta ekonomi.

Well, ada banyak cerita soal Diplomasi Panda yang sudah dilakukan oleh Tiongkok bertahun-tahun. Apa saja sih fakta-fakta menariknya? Pegipegi sudah kumpulkan buat kamu.

1. Zaman Dinasti Tang

Foto: nationalzoo

Ini bukan pertama kalinya Tingkok mengirim panda kepada negara lain. Diplomasi Panda sudah ada sejak zaman Dinasti Tang berjaya. Saat itu, Permaisuri Wu Zetian mengirim sepasang panda kepada kerajaan Jepang. Setelah itu, Diplomasi Panda makin kencang digalakkan pada tahun 1958 saat mereka mengirim 23 panda ke sembilan negara berbeda, dua di antaranya tiba di Amerika Serikat setelah Presiden Richard Nixon melakukan kunjungan kenegaraan ke Tiongkok. Indonesia pun menjadi negara ke-16 yang menjalin kerjasama serupa. Sebelumnya ada Thailand, Singapura, Malaysia, Jepang, Korea Selatan, Australia, Jerman, Austria, Spanyol, Inggris, Belgia, Prancis, Belanda, dan Kanada.

2. Sistem Pinjaman

Foto: nbcnews

Bencana Gempa Bumi yang menggoyang Provinsi Shicuan membuat Tiongkok kehilangan 67 persen habitat panda. Sejak itu, kebijakan pengiriman panda Pemerintah Tiongkok pun berubah. Kalau biasanya ditujukan sebagai hadiah, kini mereka hanya mengirimkan panda untuk keperluan penelitian biologi maupun pengembangbiakan. Sistem pinjam pun diberlakukan, termasuk kepada Indonesia.

3. Durasi Lama

Foto: nationalzoo

Meski berbentuk peminjaman, durasi yang ditetapkan Pemerintah Tiongkok pun cukup lama. Terakhir, Pemerintah Tiongkok meminjamkan sepasang panda kepada Jerman untuk durasi waktu lima belas tahun. Waktu yang cukup untuk melakukan penelitian dan pengembangbiakan. Indonesia sendiri kebagian durasi 10 tahun peminjaman untuk panda Cai Tao dan Hun Chun.

4. Latar Belakang Panda

Foto: searchenginejournal

Dua panda yang dikirim ke Indonesia merupakan hasil pengembangan dari China Wildlife Conservation Association (CWCA). Keduanya lahir dari rahim betina berbeda. Jika sang jantan, Cia Tao lahir pada 4 Agustus 2010 dari pasangan panda Yuan Tuan dan Na Na, Hun Chun lebih muda beberapa bulan. Ia dilahirkan oleh sang ibu, Ye Ye dan sang ayah bernama Wu Gang pada 8 November 2010.

5. Taman Safari Indonesia

Foto: thefrisky

Di manakah Cia Tao dan Hun Chun tinggal selama Indonesia? Yap, Taman Safara Indonesia di Cisarua, Bogor akan menjadi rumah bagi keduanya selama 10 tahun ke depan. Nantinya, kedua panda tersebut akan diperlihatkan secara umum. Jadi, buat kamu yang ingin lihat panda asli, nggak perlu jauh-jauh ke Tiongkok, deh.

Foto: chinadaily

Nggak sabar mau lihat pandanya? Sekalian liburan! Yuk, rencanakan traveling kamu dengan pesan tiket pesawat dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

(Visited 195 times, 1 visits today)

Comments

To Top