Tips

Apa Benar Beras Menyelamatkan Smartphone yang Terendam Air?

“Aduh, smartphone gue nyemplung ke air nih” Di antara kalian, pasti ada yang pernah panik dan uring-uringan kala mengetahui smartphone terendam air.

Well, ada beberapa cara untuk menyelamatkan smartphone yang terendam air. Salah satunya dengan menguburnya di dalam tumpukan beras selama 24 jam.

Tujuannya, agar air yang masuk ke dalam celah-celah smartphone dapat diserap oleh beras. Ide tersebut muncul dan banyak yang orang yang mengakui cara tradisional sangat ampuh menyelamatkan nyawa smartphone.

Tapi, tahu nggak kalau beras justru punya efek buruk terhadap kelangsungan hidup smartphone kamu selanjutnya? Well, setidaknya hal ini yang sempat diteliti oleh seorang penulis teknologi, Christina Bonnington.

Mengotori Komponen

Ketika smartphone dikubur dalam kondisi basah, beras memang langsung menyerap air yang berada di dalam komponen. Dengan durasi 24-36 jam, komponen yang terkena air pun akan kering dan dapat digunakan secara normal.

Akan tetapi, beras yang menyerap air tersebut berubah menjadi lembek. Nah, kekacauan akan tercipta jika beras lembek tersebut masuk ke dalam lubang atau sela-sela tipis pada smartphone.

Lubang I/O bakal tersumbat dengan beras lembek tersebut, menghambat kinerjanya. Semakin banyak beras yang masuk ke dalam lipatan smartphone, semakin sulit pula kamu mengeluarkan dan sudah pasti mengotori komponen utama.

Dibungkus, Baru Dikubur

Sebenarnya, nggak ada yang salah dari teknik ini. Akan tetapi, kamu harus tahu bagaimana teknis penyelamatan smartphone dengan beras.

Sebelum kamu memasukkan ke dalam beras, pastikan seluruh permukaan luar smartphone dalam keadaan kering. Coba kamu bungkus dengan handuk agar nggak semua beras dapat masuk ke sela-sela smartphone.

Nah, jika kamu nggak mau ambil resiko, silahkan beli tas pengering, Bheestie Bag yang bisa didapatkan di berbagai toko elektrik atau supermarket besar. Dengan teknik ini, kamu nggak perlu khawatir smartphone kemasukan beras lembak.

Mudah kan? Kalau sudah tahu caranya, saatnya merencanakan liburan kamu selanjutnya. Yuk, rencanakan liburan kamu dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top