Kuliner

Antara Lumpia, Semarang dan Cinta Abadi Dua Negara

Lumpia adalah kuliner khas kota Semarang. Yap, jajanan pasar yang dibungkus oleh kulit goreng renyah ini adalah sajian wajib cicip jika bertandang ke ibukota Provinsi Jawa Tengah tersebut.

Nikmat disajikan hangat, satu potong lumpia terdiri atas berbagai macam isi. Mulai dari rebung, udang, ayam, hingga sayuran seperti daun bawang berpadu mantap dengan cocolan saus manisnya.

Nggak heran sih, jika makanan yang satu ini selalu diburu penggila jajanan pasar jika tengah liburan di Semarang. Selain bisa makan di tempat langsung, kamu juga dapat beli lumpia mentah buat oleh-oleh di rumah.

Nama lumpia pun nggak cuma beken di Jawa Tengah saja. Kelezatan lumpia bahkan menjamur ke seluruh kota besar di Indonesia bahkan luar negeri, seperti Jerman.

Tapi, tahu nggak kamu kalau lumpia sendiri justru hasil kolaborasi dua negara, Cina dan Indonesia? Well, semuanya berawal pada ke-19.

Berawal Jadi Cinta Lokasi

Gencarnya arus perdagangan Indo-Cina pada zaman tersebut membawa seorang penggiat kuliner bernama Tjoa Thay Joe ke Semarang. Pria yang berasal dari provinsi Fujian ini memutuskan untuk berbisnis kuliner.

Di tanah kelahirannya, ia sangat piawai membuat camilan gulung berisikan daging babi. Namun, karena datang ke Semarang, otomatis ia harus menyesuaikan dengan kebudayaan yang ada.

Usai memutar otak, Tjoa Thay Joe bertemu dengan seorang pedagang makanan bernama Wasih di Semarang. Kebetulan, Wasih juga piawai dalam membuat jajanan pasar yang mirip dengan bahan-bahan seperti kentang dan udang namun lebih manis.

A post shared by Pepzpops (@pepzpops) on

Nah, bukannya menganggap sebagai rival, Tjoa Thay Joe justru nekat melamar Wasih yang ia temui di lokasi dagang. Usai menikah, keduanya pun berkolaborasi menyatukan resep menjadi lumpia.

Pertama kali terkenal saat dijajakan lewat pasar malam Belanda di Semarang, lumpia Tjoa Thay Joe pun kebanjiran pelanggan. Berbagai orang cocok dengan sensasi dari kuliner ini lantaran mewakili lidah warga Tionghoa dan Jawa.

Mau berburu lumpia Semarang? Sekalian liburan saja! Pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Semarang lewat Pegipegi, ya! Jangan lupa cari hotel murah lain di Semarang, ya! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke semarang  pesan tiket kereta api murah ke semarang  cari hotel murah lain di semarang

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top