Destinasi

Antara Kubah, Putih Telur dan Masjid Raya Sultan Riau

Ada rencana wisata religi ke Riau? Kalau ada, kamu nggak boleh melewatkan keindahan dari Masjid Raya Sultan Riau.

Terletak di Pulau Penyengat, Provinsi Kepulauan Riau, Masjid Raya Sultan Riau memang terlihat sederhana. Dengan lantai batu bata, Masjid Raya Sultan Riau hanya memiliki tinggi enam meter saja.

Namun yang membuat masjid ini spesial adalah kisah dibalik pembangunannya. Dibangun pada masa kepemimpinan Yang Dipertuan Muda VII Raja Abdurrahman pada 1832, masjid ini menggunakan putih telur sebagai bahan dasarnya!

Ceritanya datang saat Sultan Abdurrahman berencana memperbesar Masjid Raya Sultan Riau ini. Ia meminta seluruh rakyat yang dipimpin untuk membantu merenovasi masjid ini.

Nggak harus tenaga, karena tiap warga boleh memberikan bantuan dalam bentuk uang maupun makanan. Salah satu makanan yang disumbang lebih adalah telur.

Saking banyaknya, telur yang dikonsumsi para pekerja pun tersisa. Daripada mubazir, sang arsitek yang ditunjuk oleh Sultan Abdurrahman berinisiatif menggunakan putih telur sebagai campuran untuk pasir dan kapur agar terlihat lebih kok, sedangkan kuningnya dikonsumsi.

Alhasil, masjid yang memiliki fondasi tiga meter mampu memiliki dinding yang cukup tebal, sampai 50 meter. Nggak heran, Pemerintah Indonesia menjadikan Masjid Raya Sultan Riau sebagai situs cagar budaya yang patut dilestarikan.

Istana Raja India

Dengan luas 54,4 x 32,2 meter, Masjid Raya Sultan Riau hadir dengan 13 kubah dan empat menara utama. Biasanya, menara tersebut digunakan oleh warga sekitar untuk mengumandangkan adzan tanda waktu solat telah tiba.

Didominasi warna kuning dan hijau, masjid ini mengusung arsitektur istana raja yang ada di India. Maklum, saat dibangun, Sultan Abdurrahman menyerahkan proyek ini kepada seorang arsitektur asal India.

Yang bikin menarik dari Masjid Raya Sultan Riau adalah susunan kubah dan menara yang berkelompok. Jika dijumlah, masjid ini muncul dengan angka 17, jumlah rakaat salat dalam sehari.

Masjid Raya Sultan Riau makin istimewa karena statusnya sebagai masjid pertama di Indonesia yang memakai kubah. Sebelumnya, masjid di Indonesia dicirikan sebagai bangunan dengan atap runcing seperti pagoda.

Jadi, akan sangat disayangkan jika kamu melewatkan kesempatan buat main ke Masjid Raya Sultan Riau.

Mau main ke Masjid Raya Sultan Riau? Nah, sekalian liburan di Pekanbaru, ayo pesan tiket pesawat dan hotel murah di Pekanbaru lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Pekanbaru cari hotel murah di Pekanbaru

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top