Rekomendasi

Angkringan, kuliner wajib coba di Yogyakarta

sate angkringan

Angkringan Yogyakarta adalah semacam warung kaki lima yang merupakan ciri khas si Kota Budaya dan akhirnya meluas di kota-kota lain di Indonesia. Apa yang membuat Angkringan Yogyakarta berbeda adalah makanan dan minumannya, bentuk gerobak yang sederhana, lampu minyak remang-remang dan air yang dimasak pake arang. Angkringan Yogyakarta hanya buka di malam hari dan sering kali menjadi tempat nongkrong para abang becak, pekerja yang baru pulang lembur dan juga mahasiswa.

 

sate angkringan

foto: bingkaipetualang.wordpress.com

Angkringan Yogyakarta, tempat makan favorit di tanggal tua

Coba deh kamu keluar dari hotel, trus jalan kaki malam-malam di sekitar hotel kamu. Angkringan Yogyakarta akan dengan mudah kamu jumpai di pojokan jalan atau perempatan lampu merah. Duduklah di sana dan pesanlah minuman hangat seperti kopi jahe, teh jahe atau susu jahe. Kalo lapar kamu pilih aja aneka penganan yang dipajang di gerobak Angkringan Yogyakarta.

Ada nasi kucing, semacam nasi dalam porsi kecil yang biasanya dibungkus daun pisang. Lauknya biasanya sih sambal atau oseng-oseng tempe. Kalo kurang banyak bisa kamu tambahi gorengan, sate usus, sate kulit, sate telur puyuh atau sate bekicot. Snack pendamping yang ditawarkan biasanya kerupuk atau peyek. Semuanya bisa kamu dapatkan dengan harga yang sangat murah. Ngga heran kalo Angkringan Yogyakarta menjadi incaran para mahasiswa luar kota di tanggal-tanggal tua seperti sekarang.

Kalo hari lagi dingin menusuk tulang, kamu pilih aja tempat duduk yang berhadapan langsung sama tungku yang dipake buat masak air. Duduklah di sini selama beberapa menit dan kamu akan mengerti kenapa Angkringan Yogyakarta begitu spesial.

Cari kenalan baru di Angkringan Yogyakarta

Paling asik sih makan di Angkringan Yogyakarta rame-rame sama temen. Sambil ngopi atau ngeteh kamu bisa menikmati suasana malam di jalanan Yogyakarta yang sunyi tapi mendamaikan hati. Tapi kamu ngga akan merasa kesepian seandainya kamu datang ke Angkringan Yogyakarta sendirian. Mendengarkan celotehan pengunjung lain adalah sesuatu kegiatan yang mengasyikkan karena kamu akan mengetahui kisah tentang sisi lain kehidupan masyarakat dari sudut yang berbeda.

Biasanya bapak atau mas-mas pemilik angkringan akan mengajak kamu ngobrol dan melibatkan kamu dalam pembicaraan mereka, seolah-olah mereka udah lama mengenalmu dan menganggapmu sebagai teman mereka juga. Manfaatkan kunjunganmu ke Angkringan Yogyakarta buat mencari informasi tentang tempat wisata yang menarik di sekitar Yogyakarta, event budaya yang lagi ngehits, info rental mobil atau sepeda motor yang bertarif murah atau apa aja. Penduduk asli Yogyakarta adalah orang-orang yang ramah, hangat dan terbuka pada turis. Dan mereka akan dengan senang hati membantumu jika kamu bersikap baik dan sopan pada mereka.

Di era reformasi 1998, Angkringan Yogyakarta di setiap sudut kota ini adalah tempat berkumpulnya para aktivis kampus, travelers. Mereka mendapatkan inspirasi untuk menyuarakan pendapat bukan dari ilmu yang mereka terima di kampus, melainkan dari hasil mengobrol dengan orang-orang biasa di Angkringan Yogyakarta. Apa sih pendapat masyarakat isu sosial dan politik terkini? Semua bisa kamu gali dengan mengunjungi Angkringan Yogyakarta.

Saat ini Angkringan Yogyakarta bukan hanya milik masyarakat kelas bawah. Beberapa Angkringan Yogyakarta dipromosikan menjadi ikon wajib kunjung dan dijejali wisatawan di musim liburan. Di antaranya adalah Angkringan KR yang ada di depan kantor Harian Kedaulatan Rakyat di Jalan Mangkubumi. Angkringan KR juga menjadi tempat berkumpul komunitas seni dan klub motor yang berdomisili di Yogyakarta.

Trus ada Angkringan Nganggo Suwe di Kotagede yang mengandalkan kuliner unik yaitu Tongseng Keong dan Wedang Asem Jahe. Mau nongkrong di angkringannya para bangsawan? Datang aja ke Angkringan JAC (Pendopo Ndalem), travelers. Di Angkringan Yogyakarta yang satu ini kamu nggak akan duduk di bangku atau lesehan beralaskan tikar, melainkan duduk manis di seperangkat kursi tamu yang hanya ada di rumah para bangsawan Jawa. Di Angkringan JAC kamu akan disuguhi aneka jajan tradisional Jawa yang hampir punah, seperti Jadah Manten, Semar Mendem, Lupis, Clorot dan Kipo. Enak nggak ya rasanya? Pegipegi juga penasaran rasanya gimana, travelers!

Nah kalo kamu pengen banget merasakan atmosfer Angkringan Yogyakarta sambil mencicipi kuliner uniknya, hubungi Pegipegi sekarang buat memesan tiket pesawat dari kotamu ke Yogyakarta sekaligus pesan hotel murah dan terjangkau di Yogyakarta dan sekitarnya.

(Visited 1,254 times, 1 visits today)

Comments

To Top