Kuliner

Gurih dan renyahnya amplang kuku macan ini, bikin ketagihan!

amplang kuku macan

Amplang kuku macan. Hmm, namanya sih serem dan garang ya, tapi kamu nggak usah takut karena kenyataannya nggak gitu kok. Justru kamu bisa melahap ‘kuku macam’ ini sesukanya tanpa takut diterkam sang macan karena ini hanyalah nama camilan. Kalau kamu penasaran gimana bentuk dan rasa snack yang bisa digado dan jadi teman makan, ikuti terus yuk paparan lengkapnya dari Pegipegi.

amplang kuku macan

foto: tokomesin.com

 

Amplang kuku macan, apaan sih?

Sebenarnya amplang sendiri adalah kerupuk ikan. Disebut amplang kuku macan karena memang kalau diperhatikan amplang jenis ini mirip sekali dengan kuku macan, si raja hutan, dan ukurannya sekitar seujung jari kelingking atau ibu jari sehingga gampang disantap dalam satu kali suapan.

Memang sih belum diketahui benar darimana asal kemunculan amplang kuku macan karena di Pulau Kalimantan, banyak sekali yang jual seperti dari Samarinda dan Balikpapan. Yang membedakan ya ada yang rasanya biasa-biasa saja, tapi ada juga yang sudah jadi langganan banyak orang dan sering direkomendasikan untuk oleh-oleh karena teksturnya renyah dan taste ikan tenggirinya sangat terasa.

 

Amplang kuku macan bikin ketagihan

Kayaknya ini bener-bener terjadi. Sekali kamu melahap amplang kuku macan, lidah sepertinya ingin terus bergoyang dan nggak mau berhenti. Satu kemasan plastik pun bahkan belum sempat tersimpan dalam toples dan sudah amblas duluan. Memang bener kok karena amplang ini juga sedap digado sambil ngobrol ataupun nonton tv.

Selain itu, rasa dari amplang kuku macan juga lebih menyengat dan menggigit sehingga banyak orang yang ketagihan. Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa varian ini jadi begitu istimewa ya? Jawabannya adalah karena untuk membuat amplang kuku macan bumbu-bumbu yang digunakan juga spesial.

Memang benar kalau bumbu-bumbu yang dipakai tiap dapur pasti beda. Begitu juga dengan cara mencampur masing-masing bahan yang digunakan. Tapi intinya, bahan yang dipakai adalah ikan tenggiri yang masih segar atau tidak diinapkan karena bisa mengubah rasa dan aroma; gula; telur; tepung tapioka; jeruk; garam; bawang; merica; dan bumbu-bumbu lain untuk membangkitkan rasa amplang kuku macan.

 

Cara membuat amplang kuku macan

Pertama-tama, siapkan bahan utamanya yaitu ikan tenggiri. Sebenarnya ikan yang biasa digunakan untuk membuat amplang kuku macan adalah ikan pipih atau ikan tenggiri dan ada juga yang pakai ikan gabus atau ikan haruan. Tapi, rasanya jelas beda. Daging ikan ini kemudian diambil dengan cara dikerik lalu dicampurkan dengan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan dan telur. Setelah itu baru diaduk-aduk hingga merata. Kalo pengin semua bumbu tercampur sempurna, adonan itu diremas-remas lagi.

Setelah diremas-remas baru kemudian dicampur dengan tepung tapioka. Sekali lagi, adonan ini harus diaduk-aduk dan dibanting-banting agar tercampur merata dan teksturnya pas untuk dicetak. Bila sudah siap baru kemudian dipotong-potong sesuai dengan bentuk yang diinginkan, seperti kotak, bulat, atau bulat lonjong. Tapi kali ini dibuatnya bulat panjang seperti kuku macan. Setelah itu baru kemudian digoreng di dalam wajan besar yang penuh dengan minyak panas.

Agar matang merata dan tidak gosong, saat menggoreng juga harus diaduk-aduk hingga berwarna kecoklatan. Bila menggorengnya dengan benar, rasa dari amplang kuku macan inipun akan terasa renyah dan taste ikan tenggirinya juga benar-benar terasa. Tapi kalau setelah diangkat teksturnya masih ‘aneh’ atau tidak renyah, kamu bisa menggorengnya lagi. Menurut pengalaman, kerupuk amplang yang bagus itu kalau digoreng sebentar saja sudah matang dan rasanya pun renyah. Tapi kalau kerupuknya nggak bagus, biarpun digoreng lama ya tetap nggak jadi.

Di Samarinda atau Balikpapan, gampang sekali menemukan camilan renyah amplang kuku macan, baik di kios-kios, toko, ataupun outlet-outlet karena amplang ini memang jadi oleh-oleh khas. Amplang kuku macan yang dijual ini dalam bentuk kemasan dengan berat yang beda-beda, mulai dari 200 gram, 1 kg dan 5 kg. Kalau amplang kuku macan sudah ada di tangan, coba saja rasanya… kres…kress. Hmm, enaaknya.

(Visited 10,219 times, 3 visits today)

Comments

To Top