Tips

Amankah Mengonsumsi Obat Penunda Haid Ketika Traveling?

Untuk sebagian travelers, terutama perempuan, pastinya nggak asing dengan obat penunda haid yang dijual bebas di apotek. Obat ini tentu aja berguna untuk menunda haid sementara ketika traveling. Obat penunda haid bukan hanya digunakan saat traveling, tapi juga kerap digunakan ketika naik haji. Sudah merencanakan liburan, tapi cemas dengan jadwal menstruasi kamu? Simak artikel pegipegi kali ini, yuk! Soalnya, pegipegi pengin membahas apakah obat penunda haid aman dikonsumsi.

Pil lebih aman dikonsumsi

obat-penunda-haid

foto dari: medicaldaily.com

Untuk menunda haid, tubuh kita membutuhkan hormon agar tidak terjadi peluruhan. Hormon tersebut bisa didapat dari suntik atau pil. Biasanya, dokter bilang bahwa metode penambahan hormon yang paling aman adalah dalam bentuk pil. Karena, dosisnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Sedangkan, kalau menggunakan metode suntik, di saat hormon terasa kurang kemudian dosis ditambahkan malah akan menghancurkan sistem tubuh.

Kapan bisa dikonsumsi?

foto dari: amazonaws.com

Kebanyakan dokter menyarankan agar kita minum obat penunda hamil lima hari sebelum haid tiba sampai waktu yang kamu inginkan. Misalnya, jadwal haid kamu tanggal 11 dan kamu harus liburan sampai 17, jadi kamu bisa meminum obat tersebut dari tanggal 6 sampai 17. Ketika sudah nggak minum obat penunda haid lagi, kamu akan mengalami haid seperti biasa, kok.

Obat penunda haid harus diminum jauh-jauh hari supaya efek yang dirasakan lebih alami. Karena, di tiga hari pertama penggunaan obat tersebut, kamu bakal merasa pusing dan mual. Tenang aja, travelers, hal itu wajar kok, soalnya tubuh kamu sedang mengalami penyesuaian. Obat penunda haid juga bisa mengurangi jumlah darah yang keluar pada siklus haid berikutnya, sehingga bisa mengurangi kram perut saat haid.

Jangka waktu mengonsumsi obat penunda haid yang aman

 

Dengan adanya obat penunda haid, liburan kamu bakal makin terasa nyaman dan menyenangkan, tapi kamu juga harus tahu jangka waktu yang aman untuk mengonsumsi obat penunda haid. Disarankan agar kamu nggak mengonsumsi obat ini lebih dari tiga bulan. Karena, dikhawatirkan obat tersebut bisa mengganggu organ tubuh kamu dan bikin kamu nggak haid sama sekali. Saran pegipegi sih, lebih baik dikonsumsi ketika benar-benar butuh aja.

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Sudah tahu kan kalau obat penunda haid ternyata aman dikonsumsi asal tidak berlebihan. Nah, sudah nggak ragu lagi buat traveling meskipun lagi haid, dong? Yuk, langsung aja pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan cari hotel murah lewat pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi pegipegi lewat Google Play dan App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 578 times, 2 visits today)

Comments

To Top