Destinasi

Alun-Alun Tugu Malang, Saksi Sejarah Kemerdekaan Indonesia

Ada rencana traveling ke kota Malang? Kalau ada, sekalian mampir ke Alun-alun Tugu Malang, ya!

Berada di tengah kota Malang, Alun-alun Tugu Malang jadi saksi sejarah kehadiran Belanda di Jawa Timur. Punya nama asli JP Coen Plein, Alun-alun Tugu Malang dibuat untuk memperingati Gubernur Jenderal Jaan Pieterzoen Coen yang dikenal sebagai pendiri Batavia atau Jakarta sekarang.

Dulunya, Alun-alun Tugu Malang berfungsi sebagai pelengkap halaman gedung Kantor Gubernur Hindia-Belanda. Namun sejak Indonesia merdeka, tempat ini disulap sebagai sebuah taman kumpul warga di kota Malang.

Sempat dihancurkan oleh Belanda pada Agresi Militer 1 usai ditolak masuk ke Malang lagi, Alun-alun Tugu Malang kembali dibangun oleh Pemerintah Kota Malang yang kemudian diresmikan oleh Presiden Ir Soekarno.

Diapit oleh lima jalan utama termasuk Jalan Mojopahit dan Jalan Gajahmada, alun-alun ini memiliki tugu lancip berbentuk bambu tajam. Hal ini melambangkan persatuan rakyat Indonesia melawan penjajah pada masa kemerdekaan.

Dengan 17 fondasi, delapan tingkat melambangkan hari kemerdekaaan indonesia. Makin nasionalis lagi, Tugu Malang dihiasi bunga teratai berwarna merah putih di dalam kolam cantiknya.

Cocok kamu singgahi di sore maupun malam hari, Alun-alun Tugu Malang punya udara yang sejuk. Jadi, selain bisa menikmati kemegahan arsitektur tugu ini, kamu dapat bersantai sambil menghirup udara segar.

 

Gimana, travelers? Jadi semakin pengin liburan ke Malang, kan? Ayo segera pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah lewat Pegipegi! Jangan lupa cari hotel murah di Malang juga, ya!

pesan tiket pesawat murah ke malang pesan tiket kereta api murah ke malang  cari hotel murah di malang

Foto Ilustrasi: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top