Destinasi

Alternatif wisata di Bogor? Ke Situ Gede aja!

Danau-Situ-Gede-Bogor

Jika berwisata ke kawasan Puncak Bogor terlalu mainstream, maka berkunjung ke Situ Gede bisa menjadi alternatif. Sambil piknik, wisatawan juga bisa menikmati kesegaran udara kota Bogor.

Sudah menjadi rahasia umum, Bogor adalah tempat favorit warga Jakarta menghabiskan akhir pekan setelah berkutat dengan rutinitas selama lima hari sebelumnya. Tapi, tampaknya belum banyak yang mengetahui keindahan Situ Gede ini.

Maklum, kebanyakan wisatawan lebih fokus pada kawasan Puncak, Taman Safari, Istana Bogor atau Kebun Raya Bogor saat plesir ke Kota Hujan. Padahal, Situ Gede juga menawarkan panorama tak kalah cantik.

 

Danau-Situ-Gede-Bogor

foto : wisatakita.web.id

Lokasi Situ Gede

Bogor tidak hanya populer dengan aneka kuliner lezat atau pusat berbelanja fashion dengan harga miring. Kota yang dikenal dengan julukan Kota Hujan ini juga memiliki sejumlah tempat wisata alam yang menyejukkan.

Karena lokasinya yang tak begitu jauh dari Jakarta, Kota Bogor memang kerap menjadi tujuan utama warga ibu kota untuk menghabiskan akhir pekan sambil menghirup udara segar. Salah satu tempat yang bisa dijadikan referensi untuk liburan singkat adalah Situ Gede Bogor.

Dalam bahasa Sunda, situ atau setu berarti telaga, maka Situ Gede adalah sebuah danau kecil yang berada di Kelurahan Situgede, Bogor Barat.

Lokasi Situ Gede hanya berjarak kurang lebih 10 kilometer dari pusat kota Bogor atau tiga kilometer dari Terminal Bubulak ke arah utara. Situ Gede sendiri sebenarnya masih berada dalam satu lingkungan beberapa situ lain yang ada di dekatnya, seperti Situ Leutik, Situ Panjang dan Situ Burung.

Tak jauh dari Situ Gede terdapat sejumlah bangunan penting di Bogor seperti Pusat Penelitian Kehutanan Internasional atau Center for International Forestry Research (CIFOR), The World Agroforestry Center dan sebuah Stasiun Klimatologi atau BMKG Dramaga serta Kampus IPB Dramaga.

 

Kegiatan di Situ Gede

Banyak hal bisa dilakukan wisatawan di Situ Gede ini. Terletak di tepi Hutan Dramaga, yang merupakan hutan penelitian milik Badan Litbang Kehutanan, Situ Gede menjadi salah satu tempat wisata harian warga Bogor. Tapi, bukan berarti masyarakat luar daerah tak bisa menikmati keindahan Situ Gede.

Kawasan seluas enam hektar ini menyajikan pemandangan alam yang tidak kalah cantik dibandingkan tempat wisata lainnya di Bogor. Suasananya sangat sejuk karena Situ Gede dikelilingi pepohonan rindang.

Banyak pengunjung yang datang hanya untuk sekadar jalan santai mengelilingi Situ Gede, di bawah rindangnya pepohonan. Bagi yang ingin berkeliling danau, traveler bisa menyewa perahu bebek atau perahu duyung. Gowes santai di atas danau sambil menghirup udara segar menjadi kegiatan favorit wisatawan Situ Gede.

Kawasan Situ Gede pun makin ramai dikunjungi saat akhir pekan tiba. Aktivitas memancing biasanya dilakukan para wisatawan untuk menghabiskan waktu di sini.

Tidak hanya menyuguhkan panorama alam yang cantik, Situ Gede juga menjadi tempat piknik keluarga atau dengan sahabat.

Setelah lelah menjalani beragam kegiatan, menyantap makan siang dengan alas tikar dan ditemani pemandangan rimbunnya pepohonan serta air danau berwarna kehijauan tak boleh dilewatkan.

Bagi yang tidak siap membawa makanan dari rumah tak perlu khawatir. Di sepanjang kawasan Situ Gede banyak pedagang yang menjajakan makanan ringan dan aneka minuman.

Ayo traveler, daripada harus bermacet-macetan ke kawasan Puncak, menikmati kesegaram alam di Situ Gede juga layak dicoba loh!

(Visited 378 times, 1 visits today)

Comments

To Top