Destinasi

Air Terjun Talang Purba di Gunungkidul, Bertingkat dan Berundak!

Kawasan Gunungkidul di Yogyakarta menyimpan banyak keindahan alam yang nggak ada habisnya. Untuk yang pengin menikmati kesejukan air terjun, cobain deh main ke Air Terjun Talang Purba yang berlokasi di Perbukitan Patuk Gunung Kidul.

Akses menuju Air Terjun Talang Purba

Air terjun ini terletak 1 km dari kawasan Embung dan Gunung Api Purba Nglanggeran. Di dekat pintu masuk Embung ada sebuah lapangan. Di sana ambil rute berupa jalan cor semen kecil yag ada di samping lapangan. Itulah satu-satunya akses menuju Air Terjun Talang Purba dan kamu akan dipermudah dengan banyaknya papan penunjuk arah yang akan menuntunmu ke lokasi air terjun. Jalanan di sana hanya bisa dilalui dengan sepeda motor.

Jika sudah sampai di jalanan cor semen, kamu harus berhati-hati karena jalanan di sana berupa batu dan tanah, jadi sangat licin. Kamu bisa parkir motor di halaman rumah warga, lalu melanjutkan perjalanan dengan trekking. Dari area parkir ada dua jalur, yaitu Air Terjun Kedung Kandang atau Air Terjun Talang Purba, ambilah ke arah Air Terjun Talang Purba.

Menuju ke sisi bawah air terjun, kamu bisa menuruni bebatuan yang ada di aliran air terjun. Untuk menghindari sesuatu terjadi, pililah batu-batu landai, dan berhati-hati melangkah. Soalnya, jalanannya cukup licin, apalagi kalau terkena percikan air.

Air terjun musiman

Untuk yang pengin ke Air Terjun Talang Purba, sebaiknya berkunjung saat musim penghujan. Soalnya, air terjun ini adalah air terjun musiman yang akan kering saat musim kemaran. Ketika musim penghujan, Air Terjun Talang Purba kerap dijadikan keperluan irigasi.

Air Terjun Talang Purba merupakan bagian dari aliran Sungai Bendo. Ciri khasnya adalah bertingkat dan berundak. Aliran air terjun di bagian puncaknya terbelah menjadi dua sisi. Air terjun paling atas adalah air terjun paling tinggi. Bentuknya yang unik membuat Air Terjun Talang Purba sangat indah untuk dipandang.

Selain itu, menenangkan diri di Air Terjun Talang Purba juga sangat menenangkan dan bisa menghilangkan rasa galau. Di sekitarnya juga banyak pemandangan hijau yang memberikan kesejukan. Enaknya lagi, masuk ke dalamnya gratis, lho!


Nggak sabar pengin main ke Air Terjun Talang Purba dan sekitar Gunung Kidul? Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Yogyakarta lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top