Destinasi

Air Terjun Sri Gethuk, Oase Segar di Gunungkidul, Yogyakarta

Kawasan Gunungkidul, Yogyakarta seringkali diidentikan dengan wilayah kering dan tandus. Namun, siapa yang menyangka bahwa di sana ada Air Terjun Sri Gethuk yang nggak pernah berhenti mengalir di musim apa pun. Jadi, kalau kamu berkunjung ke Gunungkidul, sudah pasti harus merasakan oase segar di Air Terjun Sri Gethuk yang berada di Kecamatan Playen ini.

Datanglah saat pagi hari

Untuk mencapai Air Terjun Sri Gethuk, kamu diharuskan naik kendaraan melewati areal hutan kayu putih dengan kondisi jalan yang bervariasi, mulai dari aspal bagus hingga jalan makadam. Saat masuk ke Dusun Menggoran, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan ladang jati. Dan ketika sampai di areal pemancingan, ada dua pilihan jalan untuk menuju air terjun.

Pilihan pertama yaitu menyusuri jalan setapak dengan pemandangan sawah hijau dan nyiur kelapa. Sedangkan pilihan kedua adalah naik melawan arus Sungai Oya. Supaya puas bertualang di Air Terjun Sri Gethuk, sebaiknya kamu berangkat saat pagi hari. Soalnya saat pagi hari, Sungai Oya sangat asri dan tenang, juga menyatu dengan tebing-tebing karst yang berdiri di kiri dan kanannya.

Bisa naik kapal untuk menyusuri air terjun

Di sekitar Air Terjun Sri Gethuk dikelilingi oleh pohon hijau. Dercik airnya sangat deras, sehingga kamu bisa merasakan suasana alami yang nggak bisa kamu temui sehari-hari. Untuk masuk ke lokasi air terjun, kamu cukup bayar Rp 7 ribu* aja per orang. Rugi jika tidak menyusuri air terjun. Jadi, wajib banget nih untuk sewa kapal di sana dengan harga Rp 10 ribu* per orang.

Dipercaya memiliki misteri

Kalau menurut cerita masyarakat sekitar, air terjun adalah tempat penyimpanan kethuk, yaitu salah satu instrumen gamelan milik Jin Anggo Menduro. Makanya air terjun ini diberi nama Air Terjun Sri Gethuk. Kabarnya, pada saat-saat tertentu, warga masih sering mendengar suara gamelan mengalun dari arah air terjun. Anggo menduro berwenang sebagai pimpinan pasukan jin. Jin Anggo Menduro juga sangat menyukai kesenian Jawa seperti karawitan dan Jatilan. Tidak heran jika ia sangat menyukai gamelan.

Nggak sabar pengin main ke Air Terjun Sri Gethuk? Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Yogyakarta lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke yogyakarta pesan tiket kereta api murah ke yogyakarta  cari hotel murah di yogyakarta

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top