Destinasi

Air Terjun Sri Gethuk Jogja, ‘Oase’ di ngarai Sungai Oya

Mengupas tempat wisata di Yogyakarta memang nggak ada habisnya ya, travelers. Selain dikenal dengan gudangnya tempat wisata budaya, kuliner, edukasi, belanja, dan tradisi, ternyata kota yang juga akrab disebut Jogja ini punya tempat wisata alami yang begitu menawan. Kalau kamu ‘melipir’ atau minggir sedikit, kamu bisa meluncur ke Gunung Kidul untuk mengagumi kemegahan Air Terjun Sri Gethuk yang terletak di ngarai Sungai Oya. So kali ini, Pegipegi mau ajak kalian kesana.

 

foto: yogyakarta.panduanwisata.com

foto: yogyakarta.panduanwisata.com

Air Terjun Sri Gethuk terletak di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunung Kidul, Jogjakarta. Spot wisata ini dapat ditempuh dari Jogja dengan rute : Jogjakarta – Jalan Wonosari – Bukit Pathuk Gunung Kidul – Pertigaan Gading ke arah kanan menuju ke Playen – belok ke kanan ke arah Kecamatan Palihan – ambil arah kanan di pertigaan setelah 2 km dari Kecamatan Palihan – ikuti terus petunjuk jalan. Atau dari Jogjakarta – Jalan Imogiri Barat – Panggang – Paliyan – Playen – Bleberan. Bila sudah sampai di Gua Rancang Kencana, travelers bila berjalan kaki sekitar 300 meter untuk sampai ke tempat penyeberangan dengan menggunakan gethek atau perahu tradisional.

Dari parkiran, kamu bisa langsung menuruni anak tangga yang terbuat dari semen menuju dermaga penyeberangan di tepi Sungai Oya bertarif Rp 7.000* per orang pulang-pergi. Cara ke-2, kalian bisa melewati jalan setapak yang dikelilingi persawahan dan berjalan hingga sampai lokasi. Tiket masuknya Rp7.000 per orang dan sudah termasuk tiket terusan ke Gua Rancang Kencana.

Kekhasan yang dimiliki Air Terjun Sri Gethuk tentu saja nuansa hijau yang mengitarinya. Mata dan perasaan senang akan terus mengiringi travelers saat menaiki gethek. Kalau cuaca sedang bagus, air sungainya terlihat bening berwarna kebiruan, dan di lain waktu berwarna kehijauan. Di kanan kiri sungai terhampar pepohonan tinggi yang begitu rindang, persawahan yang begitu subur, dan tebing-tebing tinggi dengan sejuknya semilir angin. So selama ‘pelayaran’ kalian jangan sampai menganggurkan kamera ya.

foto: wisatakejogja.wordpress.com

foto: wisatakejogja.wordpress.com

Semakin dekat dengan air terjun, suara airnya pun makin terdengar. Begitu juga dengan hawa yang semakin dingin karena bila ada angin, semburan airnya terbang kemana-mana. Air terjun yang terus mengalir sepanjang tahun ini punya ketinggian sekitar 50 meter. Jadi cukup tinggi untuk air terjun yang ada di Indonesia.

Well, karena tempat wisata yang travelers kunjungi adalah wahana air, kalian wajib membawa baju ganti. Resiko basah pasti selalu mengintai karena siapapun akan gemas ingin turun ke kolam-kolam yang terbentuk secara alami di sekitar air. Selain berenang, disini kalian bisa main river tubing, cliff jumping, atau canyoning. Buat kamu yang tidak bisa berenang dan pengin bermain-main dengan air, jangan panik ya karena pengelola juga menyediakan penyewaan ban dalam.

Dengan membayar Rp 2.000*, kalian bisa belajar berenang. Sedangkan jaket pelampung dapat disewa dengan harga Rp 5.000. Nah buat kamu yang sudah mahir, kalian bisa langsung ‘cuusss’ menuju ke kolam-kolam di bawah air terjun. Sensasi dingin nan menyegarkan pasti akan membuat kalian ketagihan. Saat berenang, kalian juga mesti hati-hati ya karena ukuran batunya cukup bervariasi, dari yang kecil hingga besar. Bahkan di sebagian tempat batunya terasa licin.

Biar nggak kecewa, kalian disarankan untuk datang saat musim kemarau karena airnya jernih dan suasananya begitu cerah. Kalau musim hujan, air Sungai Oya warnanya menjadi kecoklatan. Tempat ini juga sangat ramai saat akhir pekan dan liburan. So kalau kalian ingin mencari suasana lebih tenang tanpa banyak pengunjung, travelers disarankan datang saat hari biasa.

Pembangunan dan kelengkapan fasilitas Air Terjun yang buka mulai pukul 08.00 – 16.00 pun semakin ditingkatkan, mulai dari adanya toilet, warung makan dan kamar ganti sehingga pengunjung makin merasa nyaman. Bahkan konon katanya, tempat ini berencana membangun area flying fox dan rafting.

Nah travelers, kalau tertarik berpetualang ke Air Terjun Sri Gethuk yuk buka website Pegipegi.com untuk mendapatkan tiket pesawat dan hotel di sekitar Jogjakarta.

 

Keterangan * : Harga yang tertera berlaku pada saat artikel ini dimuat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

(Visited 2,688 times, 1 visits today)

Comments

To Top