Destinasi

Air Terjun Sipiso-Piso, kebanggaan Kabupaten Karo

Air Terjun Sipiso-Piso

Air Terjun Sipiso–Piso yang ada di Kabupaten Karo menjadi salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Dengan ketinggian mencapai 120 meter, bisa dibayangkan ya travelers kalau riak-riak air yang dari jauh terlihat berwarna putih mengular terjun ke bawah berdentum keras saat bertabrakan dengan bebatuan.

 

Air Terjun Sipiso-Piso

foto: wisatasumatera.wordpress.com

Dalam bahasa Batak, Sipiso-piso berarti piso atau pisau. Ini digunakan untuk mewakili tinggi dan derasnya air terjun yang mengalirkan air seperti bilah pisau tajam bila dilihat dari ketinggian. Rekor ketinggian air terjun ini juga mengundang wisatawan lokal dan mancanegara. Karena itulah kenapa kali ini Pegipegi mau mengulik lebih jauh tentang Air Terjun Sipiso–Piso untuk travelers semua.

Lokasi dan cara menuju Air Terjun Sipiso-Piso

Air Terjun Sipiso–Piso terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatra Utara, atau berjarak sekitar 24 km dari Kota Kabanjahe. Air Terjun Sipiso–Piso juga cukup dekat dengan Kota Berastagi karena bisa ditempuh dalam jarak 35 km. Daerah di sekelilingnya banyak dipenuhi oleh perbukitan dan hutan pinus, dan terletak di ketinggian mencapai 800 mdpl.

Kamu bisa menjangkau Air Terjun Sipiso–Piso dengan angkutan umum dengan rute : Terminal Amplas Medan – naik bus ke Merek (Rp25.000* per orang dalam waktu 2 jam) – turun di Simpang Merak – naik bentor (becak motor) dengan tarif Rp6.000* per orang. Kalau mau ke Tongging kamu bisa langsung naik bentor dari Simpang Merek dengan tarif Rp30.000* per orang atau Rp50.000* per orang.

Atau, dari Medan – nak bus ke Kobanjahe (bus Sutra/Borneo) – naik angkutan kota (Bintang Karo) ke Merek – naik bentor ke lokasi. Namun kalau nggak mau ribut, travelers bisa menyewa mobil sekaligus driver (tarif Rp 400.000* – Rp 500.000* per hari) menuju ke Air Terjun Sipiso–Piso. Oh ya, tiket masuk yang harus dibayarkan di Air Terjun Sipiso–Piso adalah Rp5.000* per orang.

Tips mengunjungi Air Terjun Sipiso –Piso

Travelers, kamu pasti setuju kalau cara paling jitu untuk menghilangkan penat adalah dengan memuja pemandangan yang hijau-hijau yang dipadu air terjun dengan musik alami gemercik air yang terjun bebas ke kolam-kolam air di bagian bawah. Salah satunya ya ke Air Terjun Sipiso–Piso di Kabupaten Karo. Untuk menuju ke TKP, kamu nggak perlu repot karena pengelola sudah menyediakan jalur cukup akomodatif berupa anak tangga yang konon jumlah lebih dari 500-an. Wow, banyak sekali ya?

Biar pun treknya menurun tapi tetap dibutuhkan tenaga ekstra karena kalau tidak kamu bakal ngos-ngosan di sepanjang jalan karena perjalanan menuju ke dasar Air Terjun Sipiso–Piso memerlukan waktu sekitar 30 menit – 45 menit. Sedangkan untuk naik kembali ke puncak bukit, diperlukan waktu lebih dari 1 jam karena treknya menanjak. Tapi itu semua tergantung dari stamina yang kamu miliki.

Karena itu, siapkan saja air mineral sebelum berangkat untuk menghindari gejala dehidrasi serta mengisi perut agar kamu punya energi untuk melangkah. Tidak hanya itu, tantangan lain datang dari anak tangga yang tidak beraturan karena ada yang tinggi dan ada yang rendah sehingga kamu harus berhati-hati saat melangkah karena disebelahmu adalah jurang yang cukup curam. Dan sambil melewati punggung bukit, kamu bisa berdendang sambil menyaksikan betapa indahnya Air Terjun Sipiso–Piso.

Tapi tunggu dulu! Sebelum menuruni anak tangga ada baiknya kamu menyempatkan diri bertandang ke gardu pandang yang letaknya ada di puncak bukit yang menjadi titik pangkal Air Terjun Sipiso–Piso. Lalu apa yang bisa dilakukan di sini? Di spot ini kamu akan disuguhi view spektakuler dan hamparan Tanah Karo serta Pulau Samosir yang posisinya ada di tengah Danau Toba.

Cobalah ambil foto dari berbagai sudut untuk mendapatkan foto sempurna Air Terjun Sipiso–Piso dari ketinggian. Kamu juga bisa selfi dengan background Danau Toba dan Pulau Samosir. Foto-foto tersebut akan jadi bukti kalau kamu pernah menjejakan kaki di salah satu air terjun tertinggi di Indonesia ini. Sudah puas mengambil gambar? Kini kamu bisa langsung melanjutkan penelusuran menuju ke Air Terjun Sipiso –Piso, hingga akhirnya kamu tiba di bagian dasar air terjun. Sesaat tiba di sana, hatimu pasti langsung bergumam ‘waah…’ Tempat yang begitu mengagumkan karena dikelilingi bukit-bukit bergradasi warna hijau sehingga terlihat begitu hidup dan menyejukan mata. Dentuman air yang terdengar begitu keras menjadi musik cadas yang akan selalu menemanimu selama berada di Air Terjun Sipiso–Piso.

Karena letaknya yang cukup tinggi, yaitu 800 mdpl maka atmosfer sejuk, dingin, dan menyegarkan sangat khas akan menemanimu saat berada di Air Terjun Sipiso-Piso. Bebatuan besar dan kecil yang terhampar dan menyembul di sekitar kolam-kolam di bawah air terjun terlihat begitu menarik, namun harap berhati-hati saat menjejak, karena sebagian batuan licin sehingga akan membuatmu terpeleset jika ceroboh. Apalagi airnyanya begitu jernih dan terasa dingin sekali sehingga hati pun merasa adem walau hanya duduk-duduk di sekitar Air Terjun Sipiso –Piso. Lalu kemana aliran Air Terjun Sipiso–Piso berakhir? Ternyata kalau ditelusuri, Danau Toba menjadi pemberhentian terakhir dari ribuan kubik air yang tertampung dalam kolam-kolam di bawah air terjun setiap harinya.

Paling nikmat kalau bisa menyantap makanan sambil menyaksikan gagahnya Air Terjun Sipiso–Piso yang terlihat tinggi menjulang di depan mata. Karena itu, jangan lupa ya untuk membawa bekal atau camilan dan minuman. Rasanya makin nikmat biarpun bekal yang dibawa hanya sepotong roti. Coba dan buktikan saja!

Mungkin karena kecantikan dan pesonanya maka gaung ketenaran Air Terjun Sipiso–Piso tidak hanya terdengar oleh wisatawan lokal, bahkan turis dari Belanda, Perancis, Singapura, Malaysia dan lainnya berbondong-bondong datang ke sana untuk membuktikan dahsyatnya Air Terjun Sipiso–Piso. Travelers dari berbagai penjuru negeri pun rela berjuang hingga bisa menikmati view super cantik dari Air Terjun Sipiso–Piso.

Fasilitas dan akomodasi di Air Terjun Sipiso–Piso

Travelers, kalau kamu pengin mengeksplorasi Air Terjun Sipiso–Piso dan tempat wisata di Kabupaten Karo, kamu bisa menginap di Desa Tongging. Sambil menginap di Tongging, kamu masih bisa mengeksplorasi tempat ini, seperti dengan trekking ke hutan, naik perahu nelayan untuk mengelilingi danau, bersepeda, berenang di danau, atau sekedar mengunjungi Air Terjun Sidompak yang ukurannya lebih kecil dari Air Terjun Sipiso-piso.

Dan untuk membuktikan kalau kamu pernah datang ke Air Terjun Sipiso–Piso, kamu bisa beli cinderamata yang banyak dijual di toko souvenir di sekitar air terjun. Soal mengisi perut, kamu juga nggak perlu panik karena di tempat ini kamu bisa dengan mudah menemukan warung makan. Jadi cukup nyaman dan komplit fasilitas yang dimiliki destinasi wisata Air Terjun Sipiso–Piso.

Jaga Selalu Air Terjun Sipiso–Piso

Biarpun sudah cukup tenar, namun keelokan paras Air Terjun Sipiso–Piso seringkali tercoreng oleh ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab karena seenaknya saja membuang sampah sembarang. Mulai dari bungkus makanan ringan, bungkus makanan, botol plastik, dan sampah-sampah lain yang dengan mudah ditemukan di sepanjang jalan menuju ke Air Terjun Sipiso–Piso.

Ini tentu pemandangan yang memalukan ya travelers. Bila tidak segera ditangani, bukan tidak mungkin pesona dan citra Air Terjun Sipiso–Piso makin memburuk dan tentu ini kabar tidak mengenakan karena wisatawan mulai enggan datang. So mulai sekarang jadilah travelers bertanggung jawab dan menghargai tempat-tempat yang kamu kunjungi dengan tidak membuang sampah sembarang dan mencoret-coret, entah di dalam maupun di luarnegeri.

Travelers, tertarik untuk ‘ngebolang’ ke Air Terjun Sipiso–Piso? Sebelum itu, siapakan dulu fisik yang prima serta tiket pesawat dan booking hotel di sekitar Danau Toba/Medan di Pegipegi.com. Selamat berpetualang!

Keterangan * : Harga dapat berlaku saat artikel ini ditulis.

(Visited 4,129 times, 1 visits today)

Comments

To Top