Destinasi

Air Terjun Sigura-gura; air terjun tertinggi di Indonesia

air-terjun-songgolangit

Satu lagi objek wisata menantang di Sumatera Utara, yaitu Air Terjun Sigura-gura. Lokasinya yang berada di Kabupaten Toba Samosir membuat air terjun ini tak pernah sepi pengunjung.

Air terjun Sigura-gura tentu sudah tak asing lagi di kalangan traveler, khususnya yang sudah pernah plesiran ke Sumatera Utara. Siapa pun yang berkunjung ke air terjun Sigura-gura bakal dibuat kagum dengan kegagahan aliran airnya.

air-terjun-sigura-gura-sumut

foto : www.travel.wongsugeh.com

Dengan ketinggian mencapai 250 meter, Air Terjun Sigura-gura merupakan yang tertinggi di Indonesia. Angka ini mengalahkan Air Terjun Madakaripura (200 meter) dan Air Terjun Payakumbuh (150 meter) yang berada di Sumatera Barat.

Dihiasi tebing-tebing di sekelilingnya serta tumbuhan liar membuat Air Terjun Sigura-gura ini terlihat eksotis meski dari kejauhan, bahkan suara dentuman air yang mengalir deras turut menyejukkan telinga. Aliran air ini rupanya bersumber dari Sungai Asahan, sementara Sungai Asahan sendiri berasal dari Danau Toba.

 

Cara menuju Air Terjun Sigura-gura

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Air Terjun Sigura-gura berada di Kabupaten Toba Samosir yang menjadi tujuan wisata para turis baik dari dalam maupun luar negeri, sehingga tak sulit menjangkau objek wisata alam yang satu ini.

Kalau tertarik menikmati pesona Air Terjun Sigura-gura, kamu bisa menempuh perjalanan dari Kota Medan menuju Toba Samosir dengan jarak kurang lebih 250 km dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan dari pusat kota.

Walau terbilang cukup jauh dari Kota Medan, perjalanan wisatawan menuju Air Terjun Sigura-gura tak akan membosankan karena sepanjang jalur yang ditempuh akan disuguhkan pemandanan Danau Toba.

 

Kegiatan di Air Terjun Sigura-gura

PLTA_Sigura_Gura

foto : id.wikipedia.org

Nuansa sejuk begitu terasa saat memasuki kawasan ini, karena Air Terjun Sigura-gura dikelilingi pepohonan rindang. Berendam di sekitar Air Terjun Sigura-gura menjadi menu wajib para pelancong yang mengunjunginya.

Setiap tetesan air yang membasahinya badan membuat raga kembali segar usai melewati perjalanan panjang nan melelahkan. Berfoto dengan latar belakang Air Terjun Sigura-gura pun tak boleh terlewatkan. Hanya saja, pengunjung harus berhati-hati menyusuri air terjun ini karena masih banyaknya bebatuan yang terjal dan licin.

Selain bersantai menikmati kesejukan Air Terjun Sigura-gura, kamu bisa melakukan aktivitas lainnya yang lebih menantang di sini, salah satunya arung jeram. Sungai di sekitar kawasan Air Terjun Sigura-gura memiliki arus yang lumayan deras dengan kontur bebatuan yang membuatnya cocok untuk dijadikan tempat olahraga air yang menguji adrenalin ini.

Mengingat keindahan alam serta arus yang kuat, sungai di Air Terjun Sigura-gura kerap terpilih untuk tempat kompetisi arung jeram, tidak hanya tingkat nasional tapi juga internasional. Tak jarang, nama peserta yang sudah populer turut memeriahkan perlombaan arung jeram ini. Kompetisi tersebut terselenggara berkat kerja sama Dinas Pariwisata dengan sejumlah pihak internasional.

Panorama Air Terjun Sigura-gura juga sukses menyedot ketertarikan kelompok pecinta alam untuk datang ke sini. Mereka bahkan dengan sengaja berkemah atau melakukan olahraga panjat tebing di sekitar Air Terjun Sigura-gura.

Olahraga ini jelas sangat berbahaya karena kamu akan menaiki ketinggian tebing bebatuan yang lumayan licin. Jadi, hanya orang-orang yang sudah terlatih secara khusus yang boleh melakukan panjat tebing di kawasan Air Terjun Sigura-gura.

Air Terjun Sigura-gura tidak hanya bisa dinikmati keindahannya, tapi lebih dari itu memiliki manfaat yang sangat besar. Tak jauh dari sana, terdapat waduk untuk menampung Air Terjun Sigura-gura. Nah air ini nantinya dimanfaatkan warga sekitar untuk irigasi lahan-lahan yang menjadi sumber kehidupan mereka.

Selain itu, bendungan Air Terjun Sigura-gura juga dimanfaatkan sebagai sumber energi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

(Visited 1,304 times, 1 visits today)

Comments

To Top