Destinasi

Air Terjun Sibolangit, keindahan tersembunyi di rimba Sumatera

Air-Terjun-Sibolangit

Indonesia memang kaya dengan aneka kecantikan alam yang masih belum terekspos. Air Terjun Sibolangit di Sumatra Utara termasuk dalam daftar tersebut.

Nama lain dari Air Terjun Sibolangit adalah Air Terjun Dua Warna, karena memang dari air terjun ini kamu bisa melihat kolam di bawah air terjun yang mengeluarkan dua macam warna, yaitu warna putih dan abu-abu kebiruan. Kenapa bisa begitu ya?

Air-Terjun-Sibolangit

foto : bostontobermudacruise.net

Air Terjun Sibolangit buah karya proses alam

Air Terjun Sibolangit diyakini berasal dari hulu Sungai Sinembah dan Sungai Sinembah sendiri terbentuk akibat letusan vulkanik Gunung Sibanyak di masa lalu. Sungai Sinembah ternyata mengandung materi fosfor yang kemungkinan besar adalah materi vulkanik Gunung Sibanyak yang hanyut terbawa air. Kemudian Sungai Sinembah meluncur bebas di sebuah jurang tepat di kaki Gunung Sibanyak, bersama air yang merupakan resapan air hujan di dalam tanah dan menjadi Air Terjun Sibolangit. Begitulah ceritanya, travelers.

Kalo di tempat lain kamu mungkin hanya akan melihat satu buah air terjun saja, tapi tidak dengan Air Terjun Sibolangit. Di sini kamu bisa menyaksikan tiga buah air terjun sekaligus dan inilah yang membuat keindahan Air Terjun Sibolangit sulit digambarkan dengan kata-kata. Kolam di mana tiga air terjun bertemu memancarkan warna biru muda dan abu-abu bagaikan air danau yang ada di dalam dongeng. Uniknya lagi, suhu air di dalam kolam Air Terjun Sibolangit juga berbeda-beda, travelers.

Bagian kolam Air Terjun Sibolangit yang berwarna biru suhunya lebih dingin daripada bagian yang berwarna abu-abu. Kamu bisa kok berjalan ke tengah kolam Air Terjun Sibolangit karena arus air nggak terlalu kuat dan kolamnya juga dangkal. Tapi kamu nggak boleh meminum airnya karena kandungan belerang dan fosfor yang mengendap di dasar kolam Air Terjun Sibolangit mengandung zat yang berbahaya buat tubuh manusia. Itulah sebabnya kamu nggak akan menemukan ikan atau makhluk hidup lain di sekitar Air Terjun Sibolangit.

Nggak perlu kecewa loh karena pemandangan di sekitar Air Terjun Sibolangit pasti akan membuat kamu terhibur dan pas banget buat kamu yang ingin melepaskan diri sejenak dari hiruk pikuk kehidupan kota. Air Terjun Sibolangit dikelilingi hutan yang masih perawan, tebing-tebing berlumut dan hawanya sejuk karena letaknya ada di ketinggian 1270 meter dari permukaan laut.

Perjalanan menuju Air Terjun Sibolangit sendiri cukup menantang karena kamu harus berjalan kaki selama 2 jam dulu melintasi Hutan Sibayak I dan Hutan Sibayak II, travelers. Pastikan stamina kamu berada dalam kondisi puncak soalnya medan yang harus kamu lewati sebelum mencapai Air Terjun Sibolangit adalah gabungan antara perbukitan yang tidak begitu landai, dan ada juga jurangnya. Kamu juga akan melewati sebuah dam atau bendungan kuno yang dibangun di masa pendudukan Belanda dengan sebuah sungai kecil yang mengalir di tengahnya beberapa saat sesudah kamu masuk ke hutan.

 

Lokasi Air Terjun Sibolangit

Secara administratif, Air Terjun Sibolangit berada dalam wilayah Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara dan berjarak sekitar 75 km dari Kota Medan, ibukota Propinsi Sumatra Utara. Dari Medan kamu bisa naik bus jurusan Kabanjahe menuju Bumi Perkemahan Sibolangit dengan jarak tempuh sekitar 1 jam. Atau kamu bisa nyewa mobil dari Medan kalo pengen cepat sampai, travelers.

Melihat kondisi medan yang masih alami, otomatis kamu harus membekali dirimu dengan berbagai perlengkapan yang diperlukan. Terlebih lagi kalo kamu memang mau berkemah di dekat Air Terjun Sibolangit. Fasilitas umum seperti MCK sih sudah tersedia, tapi kamu nggak akan menemui penjual makanan yang berseliweran seperti di tempat wisata pada umumnya. Selain baju hangat, kamu juga harus memakai sepatu yang cocok buat menuju Air Terjun Sibolangit biar nggak mudah terpeleset selama trekking di dalam hutan.

Gimana, dah penasaran buat menaklukkan Hutan Sibanyak dan ber-selfie di depan Air Terjun Sibolangit? Yuk cek ketersediaan tiket pesawat dan booking hotel di Kota Medan di Pegipegi.com.

(Visited 490 times, 1 visits today)

Comments

To Top