Destinasi

Air Terjun Sendang Gile yang bikin awet muda

Air_Terjun_Sendang_Gile

Air Terjun Sendang Gile, salah satu wisata alam yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Lombok. Tak hanya menyejukkan, air terjun yang berasal dari Gunung Rinjani ini juga dipercaya berkhasias membuat awet muda!

Air_Terjun_Sendang_Gile

foto : selasar.com

Nama Air Terjun Sendang Gile mungkin bukan sesuatu yang aneh bagi sebagian kalangan, terutama pecinta alam yang pernah melakukan pendakian ke Gunung Rinjani. Maklum, Air Terjun Sendang Gile ini masih berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

 

Akses menuju Air Terjun Sendang Gile

Namun, untuk mengunjungi Air Terjun Sendang Gile tidak semudah membalikkan telapak tangan. Air terjun yang berada di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut ini terletak di Desa Senaru, kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

Jika wisatawan memulai petualangan ke Air Terjun Sendang Gile dari Mataram, jaraknya sekitar 60 kilometer dan butuh waktu kurang lebih dua hingga tiga jam menggunakan kendaraan pribadi.

Pengunjung bisa memilih antara dua rute yang bisa dilalui untuk menuju Air Terjun Sendang Gile, yaitu melalui Pusuk atau Pantai Senggigi. Kedua opsi ini tentu memiliki keunikan masing-masing.

Jika memilih jalur Pusuk, wisatawan yang akan ke Air Terjun Sendang Gile bakal menjumpai banyak kera yang berjejer di tepi jalan untuk menunggu makanan dari pengguna jalan. Sementara jika melewati Senggigi, jarak tempuhnya lebih jauh dibandingkan opsi pertama, namun pemandangan pantai yang indah di samping jalan akan memanjakan mata.

Kamu juga akan melewati beberapa pantai jika memilih jalur ini, mulai dari Pantai Meninting, Pantai Batu Bolong, Pantai Senggigi, Kendangan, Malumbu sampai tiga gili yang sudah tersohor, yakni Gili Meno, Gili Air dan Gili Trawangan.

Tiba di lokasi, pengunjung wajib membayar tiket masuk Air Terjun Sendang Gile sebesar Rp 5.000. Ratusan anak tangga sudah menanti untuk dilalui para wisatawan yang ingin menikmati kesejukan Air Terjun Sendang Gile.

Sepanjang perjalanan menuju Air Terjun Sendang Gile, kamu akan disuguhkan pemandangan hutan yang lebat. Hutan ini masih menjadi bagian Taman Nasional Gunung Rinjani. Diisi mayoritas tanaman tropis seperti pohon bajur, pohon sentul dan jati, perjalanan melelahkan ke air terjun tak begitu terasa.

Satu hal yang penting, meski tanaman tersebut tumbuh subur sehingga memadati akses, pengunjung tak perlu takut tersesat di tengah perjalanan karena rute menuju Air Terjun Sendang Gile sangat jelas. Namun jika masih ragu, pengunjung bisa meminta bantuan dari pemandu lokal untuk menunjukkan arah ke Air Terjun Sendang Gile.

Setelah berjalan kaki menembus pepohonan rindang selama 15 menit, pengunjung akan disambut suara derasnya Air Terjun Sendang Gile. Suasana yang sangat menyejukkan membuat traveler betah berlama-lama ada di sini.

Air Terjun Sindang Gile memiliki dua tingkatan, dengan tingkatan pertama yang jatuh dari atas terbing menuju ke dasar kolam di bawahnya. Air dari kolam tersebut kemudian mengalir ke bawahnya dan membentuk sebuah sungai.

Tak lengkap rasanya hanya memandangi kencantikan Air Terjun Sendang Gile tanpa merasakan langsung bagaimana air ini begitu menyegarkan raga yang lelah. Sekadar menyeburkan diri ke sungai atau dengan sengaja membiarkan badan dijatuhi derasnya Air Terjun Sendang Gile bisa menghilangkan rasa penasaran wisatawan yang ingin mencicipi dinginnya air pegunungan.

Air Terjun Sendang Gile tak hanya dikunjungi wisatawan yang sengaja datang ke sini, tapi juga mereka para pendaki yang baru saja turun dari Gunung Rinjani. Mereka biasanya beristirahat sejenak sambil membersihkan badan dengan mandi di air terjun tersebut.

 

Asal-usul nama Air Terjun Sendang Gile

Masyarakat setempat yakin Air Terjun Sendang Gile adalah tempat di mana bidadari mandi ketika turun ke bumi. Namun, ada pula yang berpendapat lain.

Air Terjun Sendang Gile konon berasal dari seseorang yang dengan tidak sengaja menemukan air terjun ketika sedang memburu singa gila yang masuk kampung dan meresahkan warga.

Dalam bahasa kampung setempat, singa gila disebut sengang gile, namun pelafalan tersebut kemudian berubah menjadi sendang gile. Penduduk di sekitar juga percaya Air Terjun Sendang Gile bisa membuat awet muda siapa pun yang mandi atau membasuh muka dengannya.

(Visited 388 times, 1 visits today)

Comments

To Top