Destinasi

Menikmati kesegaran Air Terjun Maribaya Lembang

air terjun maribaya

Kalo kamu lagi di sekitar Bandung, coba deh sempetin mampir ke Air Terjun Maribaya sama keluarga dan adik-adik atau keponakan kecil kamu, travelers. Musim liburan sekolah kan sebentar lagi tiba dan tempat wisata wahana permainan semacam Dunia Fantasi atau Waterpark udah pasti bakal penuh sesak pengunjung, macet pula. Jadi, kenapa nggak mencoba datang ke tempat wisata yang jauh dari hiruk pikuk dan bersuasana alami seperti Air Terjun Maribaya?

air terjun maribaya

foto: wisatakebandung.com

Lokasi Air Terjun Maribaya

Air Terjun Maribaya bisa kamu datangi dengan berkendara dari pusat kota Bandung ke arah utara sejauh 15 km. Bisa juga dicapai dengan berkendara ke arah timur Lembang sejauh 5 km. Kalo menyewa mobil terlalu mahal buatmu, nggak usah galau, travelers.

Naik aja angkutan umum dari Terminal Lembang, trus turun di Terminal Dago yang jaraknya 3 km aja dari Tahura Ir. Djuanda. Dari sini kamu bisa lanjutkan perjalanan dengan naik ojek, atau berjalan kaki juga bisa, sekalian buat pemanasan sebelum memulai rangkaian hiking ke Air Terjun Maribaya.

Asyiknya wisata Air Terjun Maribaya Lembang bareng keluarga

Kawasan Lembang yang ada di Bandung Barat memang udah lama menjadi tempat pelarian bagi warga ibu kota Jakarta dan sekitarnya buat melepas penat dan stress setelah berhari-hari bekerja keras bagai kuda. Selain udaranya yang sejuk dan bisa membuat jiwa n pikiranmu menjadi adem, panorama Lembang nggak pernah membosankan buat dinikmati.

Salah satu di antara lokasi wisata populer di Lembang adalah Air Terjun Maribaya, yang terletak dalam kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Ir. Djuanda, atau disebut juga Dago Pakar oleh masyarakat setempat. Keindahan Air Terjun Maribaya memang nggak langsung bisa kamu nikmati begitu kamu menginjakkan kaki di pintu gerbang Tahura Ir. Djuanda karena kamu masih harus berjalan kaki menembus hutan sejauh 4 km buat sampai ke curug yang cantik itu.

Wah .. kok jauh ya? Ya nggak apa-apa ‘kan, itung-itung olahraga. Di akhir pekan banyak banget pengunjung yang memanfaatkan jalur menuju Air Terjun Maribaya. Nggak usah khawatir bakal kepanasan karena Tahura Ir. Djuanda ada di ketinggian 800 sampai 1350 meter di atas permukaan laut. Jelas udara di sana dingin banget dan banyak bergerak akan membuat tubuhmu terasa hangat.

Kamu juga bisa ajak adik dan keponakanmu belajar tentang sejarah Bandung dan keanekaragaman tumbuhan karena ada beberapa obyek wisata sejarah seperti Gua Jepang, Gua Belanda dan ada juga Situs Bandung Purba yang bakal kamu temui dalam perjalanan hikingmu menuju Air Terjun Maribaya.

Biar adik kecilmu nggak capek, ajak mereka mengamati aneka jenis flora seperti bambu, pohon pinus dan kaliandra. Jalan pelan-pelan aja dan jangan berisik kalo kamu pengen liat tupai lucu yang lagi melompat dari pohon satu ke pohon lainnya, monyet ekor panjang atau burung kutilang dan burung kepondang yang bersuara merdu.

Dua curug cantik di Air Terjun Maribaya Lembang

Air Terjun Maribaya unik karena air terjunnya bukan cuma ada di satu titik seperti yang biasa kamu liat di lokasi wisata air terjun pada umumnya. Tapi tersebar di beberapa titik yang berbeda, travelers.

Dua curug (air terjun) yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah Curug Koleang dan Curug Omas yang lokasinya nggak terlalu jauh. Selain kedua curug itu juga masih ada curug-curug lain yang lebih kecil dan tidak terlalu deras karena debit airnya lebih kecil dari Curug Koleang dan Curug Omas.

Curug Omas cocok buat kamu yang malas jalan kaki jauh-jauh karena lokasinya dekat banget sama pintu masuk kedua menuju Tahura Ir. Djuanda. Kalo pintu gerbang utama Tahura Ir. Djuanda lagi padat antrean kendaraan, pengunjung biasanya diarahkan ke pintu masuk kedua yang berjarak beberapa ratus meter dari gerbang utama. Hanya saja kamu harus bayar lagi kalo mau melihat Curug Omas dari dekat, travelers.

Curug Koleang emang agak jauh di dalam hutan, tapi di sini kamu nggak bakal kecewa karena jernihnya air yang mengalir dari pegunungan, hijaunya alam sekitar dan sejuknya udara bakal membuat dirimu siap buat kembali menghadapi kejamnya ibukota.

Buat kamu yang tinggal di luar kota Bandung dan Jakarta hubungi Pegipegi aja buat dapetin informasi seputar pemesanan tiket pesawat ke Bandung atau booking hotel di area Bandung dan sekitarnya.

(Visited 1,451 times, 1 visits today)

Comments

To Top