Destinasi

Air Terjun Kembang Soka, Surga Tersembunyi di Kulon Progo, Yogyakarta

Yogyakarta bukan hanya terkenal akan budayanya, namun juga keindahan alamnya. Salah satunya di kawasan Kulon Progo yang memiliki Air Terjun Kembang Soka. Air terjun ini mulai dibuka sebagai tempat wisata di tahun 2015 dan mulai terkenal berkat media sosial.

Sebelum berangkat ke sana, Pegipegi ingin mengajakmu berkenalan dengan Air Terjun Kembang Soka. Dinamai Kembang Soka, soalnya salah satu sumber mata airnya berasal dari bawah tanah, di mana tumbuh banyak bunga soka di atasnya. Air terjunnya juga dinilai secantik bunga soka.

Air Terjun Kembang Soka berada di posisi tertinggi di antara lokasi air terjun lain di sekitarnya. Jadi, nggak heran jika tumpahan airnya sangat deras dan bisa dijadikan sumber pengairan bagi warga sekitar. Yang lebih unik lagi adalah bebatuan di sekitar air terjun tersebut yang mirip dengan lokasi syuting film petualangan atau fantasi.

Di dasar sungainya, muncul warna terang kekuningan yang saling menonjol membentengi kucuran air pada salah satu bagiannya. Jika kita menoleh ke samping kiri atau kanan, ke arah tebing di sekitar air terjun, kita akan menemukan batuan dengan warna merah pekat.

Air terjun tersebut merupakan hasil dari pertemuan tiga sumber air, yaitu mata air Kembang Soka (Toyotombo), mata air Tuk Jaran yang bisa diartikan sebagai sumber rezeki, juga mata air Kalimiri. Ketiga mata air tersebut menjelma menjadi aliran tiga air terjun kecil setinggi kurang lebih 5 meter, 15 meter, dan 30 meer. Ketiganya kemudian bertemu pada satu aliran terbesar setinggi 40 meter.

Pengin main ke Air Terjun Kembang Soka? Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Yogyakarta lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top