Destinasi

Air terjun dan lautan bertemu di Pantai Banyutibo Pacitan

Pantai Banyu Tibo memang tidak se-terkenal pantai-pantai lain di Pacitan. Namun bukan berarti kamu nggak bisa menemukan surga dunia di bagian selatan kota ini. Apalagi kalau travelers hobi berat dengan fotografi. So kali ini, Pegipegi mau memperkenalkan Pantai Banyu Tibo Pacitan yang asyik untuk dikunjungi.

Pantai Banyu Tibo Pacitan

foto: ininyata.com

Cara menuju Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Dari Pacitan bisa dijangkau dengan rute : Kota Pacitan – Jalan Nasional 3 – Jalan Pacitan Donorejo – Pertigaan Punung – belok kiri hingga menuju ke Pantai Banyu Tibo. Karena transportasi umum ke pantai belum ada, kamu disarankan menyewa mobil dari Pacitan dengan tarif Rp500.000* per hari.

Akses dari Solo dan Jogjakarta dapat ditempuh dengan rute : Jogjakarta – Solo – Jalan Raya Wonogiri-Pacitan – belok kanan menuju Klayar – masuk ke jalan desa sejauh 12 km – Desa Widoro. Akses menuju Pantai Banyu Tibo tidak terlalu mulus, rutenya berkelok-kelok, dan naik turun sehingga travelers harus tetap berhati-hati saat berkendara. Tapi jangan khawatir, kamu bakalan dihibur oleh deretan tebing cantik serta persawahan milik penduduk setempat.

Namun kalau masih belum yakin dengan rute yang ditempuh, tanya saja sama orang yang kamu temui biar nggak kesasar ya travelers karena papan penujuk jalan menuju ke lokasi masih belum jelas. Apalagi akses dari jalan raya utama ke Pantai Banyu Tibo masih cukup jauh dan berupa jalanan kampung yang belum diaspal. Dan bila dijangkau dengan berkendara diperlukan waktu sekitar 45 menit hingga menamukan pos masuk. Di sini, tiap pengunjung akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp6.000* per orang.

Pantainya belum kelihatan lho travelers. Kamu masih harus berjalan kaki menelusuri deretan pohon kelapa dan perbukitan mengingat Pantai Banyu Tibo lokasinya cukup tersembunyi. Dan tak berapa lama kemudian, suara deburan ombak yang menghantam karang pun terdengar dari kejauhan. Untuk bisa turun ke pantai, kamu harus menuruni tebing dengan tangga. Tetap hati-hati ya travelers.

Bermain di Air Terjun Pantai Banyu Tibo

Seperti halnya pantai-pantai lain yang letaknya di sebelah selatan Pulau Jawa, ombak yang menderu di Pantai Banyu Tibo dikenal ganas. So, kalau kamu hobi berenang, disarankan untuk tidak melakukannya. Bukan apa-apa, kamu tidak bisa menebak besar-kecilnya ombak yang datang sehingga ini dapat membahayakan diri sendiri.

Tapi jangan kecewa dulu travelers. Sebagai gantinya, kamu bisa mengintip cantiknya air terjun yang letaknya persis di samping pantai. Air terjun ini pula yang menjadi dasar penamaan ‘Pantai Banyu Tibo’. Kalau air laut sedang surut, di bawah air terjun berserakan pasir putih dengan tekstur begitu halus dan punya kesan empuk seperti bantal. Di sekelilingnya berdiri dengan kokoh pepohonan khas pantai serta tebing-tebing yang menjulang tinggi.

Di bawah, kamu bisa langsung menuju ke sungai kecil yang bentuknya mirip kolam dengan warnanya yang begitu bening. Kalau membawa baju cadangan, kamu juga dapat bermain di bawah guyuran air terjun sebagai ganti karena tidak berenang di pantai. Airnya yang sangat dingin dan menyejukan pun bisa jadi hiburan yang menyenangkan karena di hadapanmu terhampar Pantai Banyu Tibo yang khas dengan pasir putih dan laut biru yang begitu luas.

Kalau pengin melihat area Pantai Banyu Tibo dari ketinggian, kamu bisa naik ke atas bukit. Memandang lautan luas dan hempasan ombak yang menerjang karang pasti sangat menyenangkan. Memang sih, letaknya yang tersembunyi membuat Pantai Banyu Tibo ini tidak se-populer Pantai Teleng Ria dan Klayar. Biarpun begitu, pantai ini cukup bersih dan cocok sekali untuk beristirahat dan mengendorkan syarat yang tegang karena urusan pekerjaan.

Oh ya, jangan lupa untuk mengabadikan landscape sempurna dari air terjun di bibir pantai, pasir nan lembut, perbukitan, dan lautan biru saat mengunjungi Pantai Banyu Tibo ya travelers. Kamu juga bisa menantikan sunset dan mendirikan tenda di atas bukit bila ingin menghabiskan waktu lebih lama. Ini akan jadi kenang-kenangan terindah saat menyambangi pantai di bagian selatan Pacitan. Selamat berlibur.

Keterangan * : Harga berlaku pada saat artikel ini ditulis

(Visited 5,498 times, 1 visits today)

Comments

To Top