Destinasi

Kulit halus dan mulus berkat Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun - Blang Kolam

Tak banyak yang tau kalau Aceh ternyata punya banyak tempat yang keren. Salah satunya adalah Air Terjun Blang Kolam yang ada di Desa Sidomulyo, Kabupaten Aceh Utara. Inilah lokasi yang wajib traveler kunjungi kalau sedang ingin menyegarkan diri di tengah cuaca panas terik seperti sekarang. Tapi kamu wajib bekali dirimu dengan stamina ekstra sebelum datang ke sini. Kenapa? Pegipegi bakal menjawabnya buat kamu.

Air Terjun Blang Kolam

foto : acehplanet.com

Menikmati Terapi Ikan di Air Terjun Blang Kolam

Begitu memarkir kendaraanmu, travelers harus menuruni ratusan anak tangga dulu sebelum sampai di Air Terjun Blang Kolam. Kamu juga wajib hati-hati karena beberapa anak tangga sudah ditumbuhi lumut dan ada juga yang telah hancur. Hindari datang di musim hujan karena anak tangga akan menjadi sangat licin dan kamu pasti akan mudah terpeleset kalau tidak hati-hati. Pastikan kamu membawa barang seperlunya karena kalau turunnya saja sudah lelah, gimana kalo kamu pulang nanti, travelers?

Tapi jangan khawatir, hutan di sisi kanan dan kiri anak tangga yang menuju Air Terjun Blang Kolam masih sangat lebat. Hawa sejuk pasti bikin kamu merasa segar, apalagi kalau kamu terbiasa dengan hiruk pikuk kota yang penuh asap polusi. Sambil menuruni tangga menuju Air Terjun Blang Kolam, kamu bisa mendengarkan suara cicit burung, atau monyet yang berseliweran di pepohonan. Dan kesegaran sesungguhnya akan menunggumu tepat di ujung anak tangga itu, travelers.

Air terjun Blang Kolam tingginya sekitar 75 meter, mengalirkan air jernih yang tak putus-putus di segala musim. Air Terjun Blang Kolam berbeda dengan air terjun di tempat lain karena dibatasi semacam bebatuan sehingga airnya mengalir ke beberapa bendungan kecil seperti kolam. Di dalam kolam alami itu kamu bisa lihat ada banyak ikan kecil berenang di sela-sela bebatuan. Masukkan kakimu pelan-pelan dan mereka akan mendekat dan memakan sel kulit mati yang ada di kakimu. Geli sih. Tapi kapan lagi kamu bisa coba terapi ikan gratis kalau bukan di Air Terjun Blang Kolam? Ayo nikmati asiknya berenang di kolam renang alami atau terjun dari ketinggian 4 meter selagi kamu di sini!

ratusan anak tangga menuju air terjun blang kolam

foto: halloacehku.com

 

Air Terjun Blang Kolam pernah merana di masa konflik

Siapa sangka tempat seeksotis Air Terjun Blang Kolam dulu tampak sangat menyeramkan karena tidak terawat di era konflik Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Rumput-rumput tumbuh liar di mana-mana, anak tangga dibiarkan pecah di sana-sini (bahkan sampai sekarang) dan tidak seorang pun berani menginjakkan kaki ke Air Terjun Blang Kolam. Dengar-dengar sih dulu Kabupaten Aceh Utara adalah markas pasukan GAM. Dan tempat-tempat wisata keren seperti Air Terjun Blang Kolam dibiarkan merana bertahun-tahun sampai masa perdamaian dimulai 10 tahun silam.

Akan tetapi jangan harap kamu bisa temukan fasilitas lengkap di Air Terjun Blang Kolam seperti di tempat wisata lainnya, travelers. Menurut info yang Pegipegi terima, sampai sekarang fasilitas umum seperti MCK atau mushola belum dibangun di area Air Terjun Blang Kolam. Berbeda dengan fasilitas, para penjual makanan dan minuman sudah lumayan banyak menghiasi area Air Terjun Blang Kolam. Nggak apa-apa lah ya, namanya juga travelers. Jangan sampai halangan semacam ini bikin kamu membatalkan niatmu mengunjungi Air Terjun Blang Kolam. Lalu, bagimana dengan cara menuju ke Air Terjun Blang Kolam?

Kalau kamu datang dari luar Aceh, travelers harus naik pesawat dulu dari Jakarta kemudian turun di Bandara Malikus Saleh, Lhokseumawe. Terus dari bandara kamu bisa naik taksi menuju Desa Sidomulyo. Gampang kan?. Orang Aceh punya kebiasaan memberi tip, jadi pastikan kamu melebihkan sedikit ongkos taksi yang kamu bayarkan ke sopir taksi. Travelers nggak perlu khawatir akan kena palak karena sopir-sopir taksi di Aceh umumnya jujur dan tidak seperti sopir taksi di tempat lain. Coba ajak abang sopir mengobrol dan banyak-banyak bertanya, pasti beliau akan senang hati membantumu.

Bagaimana? Travelers sudah tidak sabar jalan-jalan ke Aceh akhir tahun mendatang? Buruan booking tiket pesawat dan booking hotel di Lhokseumawe atau sekitarnya hanya di Pegipegi.com.

(Visited 763 times, 1 visits today)

Comments

To Top