Destinasi

Piknik asik di Air Terjun Bidadari, Sentul

Air Terjun Bidadari

Mungkin belum banyak dari kamu yang udah dengar tentang Air Terjun Bidadari, salah satu obyek wisata unggulan di Sentul Paradise Park, Bogor. Setelah browsing sana-sini mungkin kamu akan kehilangan minat, karena Air Terjun Bidadari cukup ramai pengunjung di musim liburan, sedangkan kamu nggak terlalu suka keramaian.

Tapi masa’ sih kamu mau jalan sendirian mulu, travelers? Coba deh sesekali kamu menyenangkan hati ortu, kakak, adik, sepupu, paman, bibi, keponakan atau anak-anak kamu dengan mengajak mereka tamasya seharian di Air Terjun Bidadari, buat ngerasain sensasi mandi ala bidadari kahyangan.

Air Terjun Bidadari

foto: sobatpetualang.com

Air Terjun Bidadari Sentul, air terjun modern untuk keluarga modern

Nggak jelas siapa yang pencetusnya, namun berbagai upaya dilakukan sejak keberadaan Air Terjun Bidadari ini terungkap dan diorbitkan menjadi ikon wisata baru Kota Bogor. Di antaranya adalah dengan menggali bukit yang mengelilingi Air Terjun Bidadari, travelers. Baru diketahui belakangan kalo bukit itu adalah sebuah batu berukuran raksasa, seukuranlah sama pulau karang yang sering kamu lihat di tepi pantai.

Trus batu raksasa itu dirancang sedemikian rupa sehingga seolah-olah terbelah menjadi dua akibat aliran Air Terjun Bidadari yang deras dan ditampung di semacam kolam renang di sisi lain batu raksasa. Kolam itu juga nggak dalam, travelers, dan adik-adik kecilmu bisa berenang tanpa takut tengelam soalnya dalamnya sekitar 30 cm saja. Tapi kamu nggak boleh lengah karena ada juga bagian kolam besar Air Terjun Bidadari yang cukup dalam, yaitu sekitar 1,5 meter.

Kolam besar di bagian luar batu raksasa memang dirancang sebagai alternatif pilihan buat pengunjung yang ingin bermain air. Kolam kecil yang ada di bawah Air Terjun Bidadari sering kali keruh, apalagi di musim hujan. Ketika dialirkan ke kolam besar Air Terjun Bidadari, air menjadi lebih bening karena tanah dalam air akan mengendap dalam pasir di dasar kolam yang didatangkan secara khusus dari Pulau Bangka.

Lokasi Air Terjun Bidadari

Jauh-jauh hari sebelum direnovasi, masyarakat setempat lebih mengenal air terjun ini dengan nama Air Terjun Bojongkeneng. Karena secara administratif, air terjun ini masih termasuk dalam wilayah Desa Bojongkeneng, Sentul, Kabupaten Bogor. Selain warga desa, nggak banyak orang luar yang tahu tentang Air Terjun Bidadari karena letaknya yang tersembunyi di balik sebuah bukit kecil.

Jikalau ada orang luar yang nyasar dan mengunjungi Air Terjun Bidadari, mereka biasanya adalah para warga Jakarta yang ingin melarikan diri sejenak dari karut-marut ibukota. Di Air Terjun Bidadari, mereka bisa menghirup udara segar, menikmati sejuknya suasana pegunungan sambil bermain air di bawah Air Terjun Bidadari yang tingginya sekitar 40 meter dari permukaan tanah.

Kamu mungkin akan mengira kalo Air Terjun Bidadari sekarang sudah nggak alami lagi akibat renovasi. Jangan khawatir, travelers. Air Terjun Bidadari justru sekarang lebih menarik, memikat hati dan seru berkat semakin lengkapnya wahana permainan air. Ada Wave Pool, Lazy Pool dan ada juga aneka wahana permainan lain seperti flying fox dan perahu tangan.

Kamu juga nggak perlu khawatir adik atau keponakanmu gatal-gatal karena alergi kaporit, travelers. Air Terjun Bidadari adalah aliran mata air tumpah ke dataran rendah dari sebuah hutan lindung di kawasan perbukitan. Nggak heranlah kalo kolam utama Air Terjun Bidadari tetap jernih dan segar, meski tanpa campuran bahan kimia apapun.

Air kolam di sekitar Air Terjun Bidadari juga terjamin kebersihannya karena airnya selalu mengalir dan selalu baru. Sehingga jarang sekali pengunjung Air Terjun Bidadari yang mengeluh sakit panu atau penyakit kulit lainnya setelah mandi berendam di sini.

Cara menuju Air Terjun Bidadari

Cara paling mudah mendatangi Air Terjun Bidadari adalah dengan menggunakan kendaraan roda empat, travelers. Selain lebih praktis juga bisa memuat penumpang lebih banyak dan semua anggota keluargamu bisa ikut.

Kalo kamu tinggal di sekitar DKI, pilihlah jalur tol Jagorawi dan keluar lewat gerbang tol Sentul City. Dari sini berbeloklah ke kiri dan setelah beberapa kilometer kamu akan menjumpai perempatan. Pilihlah jalur sebelah kiri yang jalannya agak menyempit, dan di sini kamu nanti akan melihat papan petunjuk yang akan memandumu menuju Sentul Paradise Park dan sampailah di Air Terjun Bidadari.

Beberapa tips buat kamu yang pengen berwisata, berakhir pekan atau berapa aja di Air Terjun Bidadari adalah :

  1. Datang sepagi mungkin. Mau berwisata dengan keluarga harus di hari libur karena adik, keponakan atau anak kamu masuk sekolah di hari-hari biasa. Kalo udah hari libur pasti Air Terjun BIdadari rame banget dan kamu sekeluarga pasti nggak nyaman jadinya.
  2. Bawa topi dan payung. Memang benar Air Terjun Bidadari ada di wilayah pegunungan. Tapi panas matahari lumayan menggigit di siang hari.
  3. Sekalian piknik. Bawalah tikar juga makanan dan minuman yang cukup buat semua peserta tamasya, karena harga makanan dan minuman di tempat wisata biasanya lebih mahal daripada harga normal. Tikar musti kamu bawa karena di sekitar Air Terjun Bidadari minim tempat buat duduk-duduk.
  4. Pakai alas kaki yang nyaman. Ingatkan tante, ibu atau adik perempuanmu supaya nggak usah pake sandal berhak tinggi buat jalan-jalan ke Air Terjun Bidadari. Beberapa tempat di Air Terjun Bidadari agak becek di musim hujan, jadi alas kaki yang paling tepat dan wajib kamu siapkan sebelum datang ke Air Terjun Bidadari adalah sepasang sandal jepit atau sandal gunung .
  5. Jangan buang sampah sembarangan. Kalo lokasi tong sampah terlalu jauh dari tempatmu duduk-duduk bareng keluarga, simpan aja di kantong atau masukkan dalam tas kresek. Sebelum pulang, pasti kan nggak ada selembar bungkus plastik atau sisa makanan apapun yang tertinggal.
  6. Bawa uang secukupnya. Lokasi ATM terdekat masih agak jauh dari area wisata Air Terjun Bidadari. Jadi, bawalah uang secukupnya untuk beli air mineral atau snack. Selain itu bawa-bawa uang terlalu banyak juga akan membuatmu rawan menjadi sasaran tindak kejahatan, apalagi kalo kamu datang di saat Air Terjun Bidadari sedang rame pengunjung.
  7. Manfaatkan diskon. Sentul City Park, manajemen Air Terjun Bidadari, adalah salah satu penyedia jasa layanan wisata yang tidak pelit memberikan diskon. Sering-sering aja buka website atau ikuti sosmed Sentul City Park, supaya kamu tau kapan aja mereka memberikan diskon tiket masuk buat para pengunjung.

Trus gimana ya seandainya kamu nggak tinggal di DKI atau Bogor? Pasti repot plus ribet harus cari tiket transportasi sekaligus booking hotel dulu di sekitar Bogor. Nggak usah khawatir, travelers. Serahkan aja masalah ini pada ahlinya. Pegipegi siap membantu memesan tiket pesawat, sekalian booking hotel di bogor buat kamu sekeluarga. Tunggu apalagi, travelers?

(Visited 10,495 times, 2 visits today)

Comments

To Top