Destinasi

Batu Batirai, air terjun bertingkat yang tersembunyi

batu batirai

Mendengar Air Terjun Batu Batirai pasti asing bagi kebanyakan travelers. Jangankan menaruh minat untuk datang, lokasinya di mana saja masih belum tahu.

Travelers pasti tahu kan, Kota Padang punya potensi wisata yang begitu besar. Mulai dari wisata kuliner sampai wisata alam yang nggak kalah mempesona dibandingkan kota lainnya di Indonesia.

Selain Air Terjun Lembah Anai yang sudah sangat kesohor, di Padang juga ada Air Terjun Batu Batirai loh, travelers. Tapi sangat wajar jika banyak diantara kamu yang masih belum tahu air terjun yang satu ini.

Meski memiliki potensi besar untuk memikat wisatawan, Air Terjun Batu Batirai ini dibiarkan tak terurus sehingga banyak yang tidak mengetahui keberadaan ‘surga yang tersembunyi ini’.

batu batirai

travel.detik.com

Perjuangan menuju Air Terjun Batu Batirai

Jadi, di manakah keberadaan Air Terjun Batu Batirai ini? Air Batu Batirai berada di kawasan Cagar Alam Lembah Anai, Sumatera Barat. Posisi persisnya ada di batas kota Padang Panjang, Silaiang Bawah.

Sebenarnya, untuk mencapai Air Terjun Batu Batirai ini nggak susah, travelers. Jaraknya cuma 100 meter dari jalan lintas Padang-Bukittinggi. Tapi, medan menuju air terjun batu batirai ini memang lumayan susah. Butuh perjuangan.

Mulai dari jalan yang sempit dan bertanah plus pepohonan di kanan kirinya, kamu juga akan dihadapkan dengan sebuah sungai yang arus airnya lumayan deras, terutama jika sedang musim hujan. Setelah itu, travelers akan menjumpai ladang penduduk dan sungai kecil, barulah sampai di Air Terjun Batu Batirai.

Bagi travelers yang baru pertama kali datang ke Air Terjun Batu Batirai, nggak ada salahnya memakai jasa pemandu untuk membantu menemukan air terjun ini. Jangan cuma modal nekat, karena justru bisa membahayakan keselamatan travelers.

Segala daya dan upaya yang dikeluarkan travelers untuk menemukan air terjun Batu Batirai ini akhirnya tak sia-sia. Kenapa? Karena air terjun Batu Batirai ini benar-benar cantik!

Suasana di sekitar Air Terjun Batu Batirai sangat sejuk, travelers. Lebatnya pepohonan di kawasan inilah yang membuat pengunjung betah berlama-lama ada di sini. Suara jatuhnya air terjun menjadi alunan yang menyejukkan telinga, setelah bosan dengan bisingnya suara di kota-kota besar.

Kealamian Air Terjun Batu Batirai juga sangat terjaga, gara-gara tempat ini masih jarang banget dikunjungi wisatawan. Travelers pasti akan dibuat kaget, karena kok bisa air terjun seindah ini dibiarkan begitu saja tanpa pengelolaan yang mumpuni. Padahal jika serius, Air Terjun Batu Batirai bisa jadi alternatif wisata alam potensial di Kota Padang.

Air terjun Batu Batirai ini memiliki beberapa tingkat dengan ketinggian dan jarak yang berbeda. Kamu bisa duduk santai di atas bebatuan besar sambil menikmati segarnya suasana.

Sudah susah-susah menemukan Air Terjun Batu Batirai lalu cuma berdiri mengagumi keindahannya? Sayang banget! Coba deh, berdiri di bawah air terjun sambil membiarkan alirannya membasuhi badan kamu, dijamin bakal menyegarkan.

Nah, setelah puas bermain di Air Terjun Batu Batirai, jangan buru-buru pulang dulu, travelers. Tak jauh dari sini, ada sebuah gua dengan nama yang sama persis, Gua Batu Batirai.

Stalaktit serta aneka relief abstrak yang terbentuk secara alamiah membuat gua Batu Batirai ini tampak eksotis. Kondisi di dalam gua sangat gelap, karena tidak terkena sinar matahari. Oleh karena itu, travelers wajib membawa perlengkapan penerangan seperti lampu senter jika mau berkunjung ke gua ini.

Nah, travelers, indah juga bukan Air Terjun Batu Batirai yang terpencil ini? Ingat ya, jaga kelestarian alamnya dengan tidak meninggalkan sampah dari kunjungan travelers.

(Visited 481 times, 1 visits today)

Comments

To Top