Tips

Agar Tetap Langsing, Lakukan HIIT Saat Liburan, yuk!

Saat liburan, biasanya kita makan lebih banyak ketimbang biasanya. Apalagi jika kita kulineran dan mencoba jajanan baru di kota tertentu. Daripada cemas berat badan bakal naik, kamu bisa melakukan HIIT (high intensity interval training) ketika liburan. Jenis olahraga yang satu ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan karena kamu tidak memerlukan alat berat dan hanya menghabiskan waktu sekitar 10-12 menit. Namun, efek yang dirasakan sama seperti berolahraga selama 1 jam.

HIIT mampu meningkatkan kinerja jantung, sehingga metabolisme tubuh meningkat. Metabolisme di sini berkaitan dengan kemampuan tubuh untuk mengubah lemak menjadi energi. Selain metabolisme di saat latihan meningkat, pada saat istirahat pun metabolisme tersebut ikut meningkat, sehingga meskipun sedang istirahat pun tubuh tetap bisa membakar lemak.

Selain itu, HIIT juga mampu menjaga massa otot, sehingga otot nggak ikut hilang bersama pembakaran lemak. Dengan HIITkamu bisa menghasilkan otot kering, bebas lemak, padat, dan berisi.

Manfaatkan treadmill di gym hotel

Rata-rata hotel menyediakan fasilitas pendukung berupa tempat gym. Kamu bisa memanfaatkan treadmill-nya untuk melakukan HIIT. Melakukan HIIT dengan treadmill tampak mudah, tapi agar tubuh kamu tidak kaget, sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu. Yaitu dengan melakukan gerakan leg swings, jalan kaki di treadmill selama 2 menit, jogging di treadmill selama 1 menit, lari di treadmill selama 1 menit, dan jalan kaki lagi di treadmill selama 1 menit.

HIIT dengan treadmill terbagi atas dua level, yaitu untuk pemula dan advance. Untuk pemula kamu bisa lakukan HIIT dengan work interval 30 detik sprinting di treadmill (kecepatan 6,5 mph, 0-2 incline) dan rest interval-nya 60-90 detik jalan kaki. Lakukan hal itu sebanyak lima putaran.

Untuk kamu yang sudah advance dengan HIIT, kamu bisa melakukan work interval 30 detik sprinting di treadmill (kecepatan 12 mph, 5 incline) dan rest interval-nya 45 detik jalan kaki. Lakukan hal itu sebanyak tujuh putaran.

Supaya lebih jelas, kamu bisa intip video berikut.

Bisa dilakukan tanpa treadmill

Untuk kamu yang ingin melakukan HIIT dengan variasi lain, kamu bisa lakukan HIIT tanpa treadmill. Tentu aja pemanasan tetap wajib dilakukan, yaitu dengan jogging selama 3 menit. Kemudian lakukan istirahat selama 2 menit, namun selama istirahat, usahakan tubuh tetap bergerak. Setelah itu, lakukan gerakan berikut:

  1. 1 menit jumping jack
  2. 30 detik plank 
  3. 1 menit squat thrust 
  4. 30 detik plank 
  5. Turun naik 1 anak tangga selama 1 menit
  6. 1 menit sit up
  7. Jalan santai 3 menit untuk pendinginan

Lakukan istirahat selama 10 detik dari satu gerakan ke gerakan berikutnya. Setelah melakukan gerakan 1 sampai 6, istirahat selama 2 menit. Selama istirahat usahakan tubuh tetap bergerak. Lalu ulangi sekali lagi gerakan 1 sampai 6 dan diakhiri dengan gerakan 7.

HIIT bakal terasa lebih efektif jika kamu mengatur diet dan pola makan yang sehat. Jadi setelah selesai liburan, kembali makan makanan sehat, ya! Yuk, segera rencanakan liburanmu dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

 

(Visited 283 times, 1 visits today)

Comments

To Top