Destinasi

Adu Nyali Ke 5 Tempat Paling Misterius di Dunia

Gobekli tepe

Cerita mengenai hal-hal yang berbau misteri tidak hanya ada di Indonesa saja lho, travelers! Banyak bangunan di seluruh dunia yang dianggap misterius dan menakutkan. Beberapa diantaranya adalah bangunan kuno ataupun bangunan yang memiliki struktur aneh dan tampak mustahil. Penasaran akan bangunan-bangunan misteri tersebut? Berikut Pegipegi telah merangkum 5 bangunan kuno yang termasuk paling misterius di seluruh dunia:

1. Stonehenge, Inggris

moonrise stars Stonehenge Wiltshire England UK

Untuk bangunan yang satu ini, kalian pasti sudah familiar ya. Berada di daerah pinggiran Inggris, 13 km arah laut Salisbury, misteri yang ada di bangunan ini belum dapat dipecahkan sampai sekarang. Keberadaan Stonehenge dengan susunan batu-batu raksasa yang berdiri tegak melingkar masih terus diselidiki oleh para peneliti. Sebagian dari arkeolog ini memperkirakan bahwa Stonehenge dibuat antara 2500 SM hingga 2000 SM. Dan yang terus menjadi misteri yang belum terpecahkan hingga sekarang adalah mengenai tidak diketahuinya tujuan dibangunnya batu raksasa tersebut, apakah untuk dijadikan istana, kuil, ataupun tempat pemujaan. Misteri ini bahkan juga masuk daftar warisan dunia UNESCO pada tahun 1986.

2. Yonaguni Underwater, Jepang

Yonaguni Jepang

Bangunan yang satu ini pasti akan membuat kalian semua tercengang! Bagaimana tidak, bangunan Yonaguni ini terkubur pada kedalaman 30m di bawah laut dan menyimpan sejuta misteri. Diperkirakan berusia 5.000 – 8.000 tahun, bangunan yang menyerupai candi dengan puing batuan yang seolah dipahat ditemukan secara tidak sengaja oleh penyelam kebangsaan Jepang, Kihaciro Aratake pada tahun 1987. Hingga sekarang keberadaan bangunan ini masih menimbulkan banyak perdebatan, bahkan banyak opini yang menyebutkan bahwa pahatan yang ada seperti dipahat oleh makhluk gaib di bawah laut. Karena keunikannya, Yonaguni menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, khususnya bagi para peyelam.

3. Penjara Eastern State, Amerika Serikat

Penjara Eastern State

Bernuansa Gothic! Itu yang akan kamu temukan pada bangunan penjara Eastern State yang berada di Philadelphia, Amerika Serikat ini dibangun pada tahun 1829. Dengan kemampuannya untuk dapat menampung 1700 tahanan, penjahat terkenal Amerika Al Capone pernah mendekam di penjara yang penuh dengan misteri gaib ini. Nah, dikabarkan di penjara ini Al Capone mendapatkan siksaan dari hantu James Clark, salah satu orang yang tewas di tangannya dalam sebuah pembunuhan massal. Terutama di menara penjara, hantu James Clark ini paling sering menampakkan dirinya. Terlebih lagi dengan adanya suara jerit kesakitan manusia, hentakan kaki di anak tangga dan juga lolongan anjing di malam bulan purnama menjadikan penjara ini menjadi tempat favorit untuk para pemburu hantu! Seram juga, ya! Berani untuk mendatangi penjara ini?

4. Gobekli Tepe, Turki

Gobekli tepe

Satu lagi bangunan misterius yang dianggap sebagai peninggalan tertua yang ada di dunia saat ini, Gobekli Tepe. Sudah berdiri sejak 11.600 tahun yang lalu, bangunan ini berbentuk tiga lingkaran batu kuno megalitikum. Ketika ditemukan, bangunan ini berada dalam keadaan terkubur dan masih belum dapat diketahui secara jelas mengapa bangunan ini sampai bisa terkubur. Dari relief yang ditemukan, para arkeolog menyebutkan bahwa sebagian besar relief menggambarkan hewan beriringan seperti ular, rubah, kalajengking, babi hutan dan kijang. Kemudian bukti baru menyatakan bahwa bangunan ini merupakan kompleks candi. Namun, semua spekulasi itu belum bisa dipastikan kebenarannya sehingga terus meninggalkan misteri dari bangunan berbentuk tiga lingkaran tersebut.

5. Katakombe Kom el Shoqafa, Perancis

Katakombe Perancis

Nah, bangunan misterius yang terakhir adalah Katakombe Kom el Shoqafa yang berisikan banyak lorong-lorong gelap yang berisi tulang-belulang serta tengokorak manusia. Diceritakan, bangunan yang sudah dibangun sejak pemerintahan Romawi ini secara diam-diam menggusur jutaan kuburan dan memindahkannya ke sepanjang lorong berdinding di bawah kota yang kemudian terkenal dengan nama Katakombe. Meskipun seram, bangunan ini juga dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata, lho! Dengan menyusuri lorong gelap kuburan massal ini, wisatawan akan merasakan sensasi tersendiri dengan kengerian dibuntuti oleh hantu-hantu yang berkeliaran di sepanjang lorongnya.

 

 Ulasan di atas membuat kamu makin ‘gatal’ untuk liburan? Cek promo-promo terbaru di Pegipegi yuk!

 

(Visited 515 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top