Destinasi

Ada Surga Tersembunyi di Air Terjun Tiu Kelep, Lombok Utara!

Yang terkenal dari Lombok bukan hanya pantai dan Gunung Rinjani, tapi ada satu air terjun di sana yang wajib banget untuk dikunjungi, yaitu Air Terjun Tiu Kelep, di Desa Senaru, Kabupaten Lombok Utara. Tidak hanya air terjunnya yang terlihat gagah dan menyejukkan, tapi juga pemandangan di sekitarnya yang rimbun. Seperti apa sih keistimewaan Air Terjun Tiu Kelep? Simak bareng Pegipegi, yuk!

Cara menuju Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Sendang Gile (foto oleh: http://www.sebats.com)

Untuk menuju Air Terjun Tiu Kelep dibutuhkan waktu sekitar 45 menit. Selama 15-20 menit, kamu bisa mampir dulu ke Air Terjun Sendang Gile dengan melewati tangga yang tersedia. Tangganya rapi dan terdapat beberapa pondok untuk beristirahat.

Kemudian untuk melanjutkan perjalanan ke Air Terjun Tiu Kelep, kamu harus melewati jalan setapak, setelah itu kamu akan menemukan sebuah tangga untuk menuju jembatan. Kamu bakal merasa seperti lagi di tengah hutan, karena nantinya kamu akan menyebrangi sungai yang berada di antara pepohonan yang rimbun.

Untuk menikmati keindahan Air Terjun Tiu Kelep, kamu juga kudu menaiki bebatuan untuk dijadikan pijakan. Hati-hati, ya, soalnya bebatuannya licin.

Surga yang bisa kamu rasakan

Meskipun bebatuannya licin, tapi arus sungai Air Terjun Tiu Kelep cukup lemah, sehingga kamu bisa melihat bebatuan dengan cukup jelas. Rasa lelah karena jalan kaki cukup lama ke sana bakal terbayar dengan pemandangan indah bak surga. Air terjunnya gagah, airnya bersih, jernih, dan sejuk. Di sekitarnya banyak tumbuhan hijau yang menyejukkan mata. Relaxing banget kan?

Air Terjun Tiu Kelep memiliki ketinggian sekitar 42 meter dan bertingkat-tingkat. Meski arus sungai cukup lemah, tapi arus air terjunnya cukup deras. Di bawahnya terbentuk sebuah kolam yang nggak terlalu dalam. Kira-kira sepinggang orang dewasa. Itulah mengapa tempat ini disebut Tiu Kelep, tiu berarti ‘kolam renang’, sedangkan kelep berarti ‘terbang’.

Karena dalamnya cuma sepinggang, jadi kamu bisa bermain atau berenang dengan aman. Kabarnya, jika kamu berendam di sana, dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit dan bikin kamu awet muda. Jadi tertarik kan untuk berendam di sana?

Tips main ke Air Terjun Tiu Kelep

  • Bawa pakaian ganti
  • Jangan berkunjung ketika musim hujan
  • Bawa makanan dari rumah karena sangat jarang ditemui penjajah makanan
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin
  • Bungkus barang elektronik, seperti kamera dan ponsel dengan plastik agar tidak rusak
  • Jangan merusak tumbuhan dan buang sampah sembarangan

Sudah siap main ke air terjun? Yuk, langsung aja pesan tiket pesawat murah dan cari hotel murah di Lombok lewat Pegipegi, ya! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke lombok  cari hotel murah di lombok

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 210 times, 2 visits today)

Comments

To Top