Tips

Ada 7 Cara Merayakan Lebaran Buat Kamu yang Non Muslim

Dalam beberapa hari lagi, umat muslim di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Buat bagi umat islam, Hari Raya Idul Fitri merupakan hari di mana mereka kembali menuju kesucian usai mengarungi kehidupan dalam setahun ke belakang.

Di hari tersebut. seluruh umat muslim berkumpul dan menjalankan Salat Idul Fitri di masjid-masjid terdekat. Setelah itu, baru deh kembali ke rumah masing-masing untuk saling memaafkan dalam sebuah halal bihalal.

Nah, bagaimana buat kamu yang beragama non muslim? Well, kamu juga bisa ikut merayakan lebaran, kok! Ada banyak cara yang bisa dilakukan umat non muslim demi menjaga tali persaudaraan dan sikap toleransi beragama yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

Nih, berikut 7 cara yang bisa kamu lakukan sebagai seorang umat non muslim pada hari perayaaan lebaran nanti. Simak ya!

1. Takbir Keliling

Foto: viaberita

Bulan Ramadan selalu diakhiri dengan tradisi takbiran. Usai salat Maghrib, biasanya warga berkumpul di masjid buat siap-siap keliling komplek atau kampung buat pawai takbiran dengan obor. Serunya, di sini kamu bisa ketemu banyak sekali orang-orang yang mungkin sudah lama nggak berjumpa. Kamu bisa ikutan keliling takbiran bersama mereka sambil menikmati suasana malam H-1 sebelum lebaran yang langka banget!

2. Bantu Siapkan Salat Ied

Foto: batumedia

Hal pertama yang dilakukan para umat muslim di hari Raya Idul Fitri adalah salat Ied di masjid. Mereka berbodong-bodong datang untuk menunaikan salat sunnah dua rakaat dan mendengarkan ceramah Lebaran dari para ustadz. Nah, buat yang non muslim, kamu bisa bantu menyiapkan segala perlengkapan buat salat kok. Biasanya, karena jamaatnya banyak, mereka bakal rela salat di luar masjid. Kamu bisa bantu menyediakan koran bekas buat alas mereka salat.

3. Ikutan Halal Bihalal

Foto: hidayatullah

Salah satu tradisi yang paling lekat dengan Lebaran adalah halal bihalal. Setelah salat Idul Fitri, biasanya warga muslim saling bertamu dari rumah satu ke rumah lainnya untuk saling meminta maaf. Nah, kesempatan ini juga bisa kamu manfaatkan buat menjalin tali silahturami. Datangi satu per satu tetangga kamu atau kerabat dekat muslim sebagai bentuk toleransi beragama.

4. Tradisi Angpao

Foto: sorotpublik

Dalam Halal Bihalal ala masyarakat Indonesia, biasanya terselip juga satu tradisi yang sudah turun temurun, angpao. Jadi, sang tuan rumah menyediakan beberapa amplop berisikan uang yang kemudian dibagikan kepada para anak-anak kecil. Nah, kamu juga bisa ikut seseruan dengan memberikan amplop kepada mereka, hitung-hitung sekalian amal dan mempererat tali persaudaraan juga.

5. Masak Ketupat Lebaran

Foto: resepcaramasak

Lebaran tuh enaknya makan ketupat! Nggak cuma buat kaum muslim saja kok, kamu yang non muslim juga bisa ikutan masak ketupat Lebaran. Bersama temannya, opor ayam dan sambal goreng ati, kamu bisa antarkan ketupat hasil karya kamu ke beberapa tetangga yang sedang merayakan Hari Raya Idul Fitri. Di beberapa daerah, tradisinya justru saling tukar ketupat dari rumah satu ke rumah lainnya dan itu menarik banget!

6. Koleksi Kue Lebaran

Foto: lintasresep

Kue Lebaran tampaknya jadi salah satu sajian wajib deh! Jika kamu mampir ke rumah tetangga, teman hingga saudara yang kebetulan merayakan Lebaran, bakal tampak ragam kue Lebaran mulai dari kastengel, nastar, putri salju dan lain-lain. Nah, biar Lebarannya makin terasa, kamu juga bisa sumbang kue Lebaran karya kamu kok atau bahkan membeli yang sudah jadi di beberapa outlet kue ke tetangga sekitar. Atau, kamu bisa pajang juga koleksi kue Lebaran kamu di ruang tamu buat jaga-jaga ada orang dekat Muslim kamu bertamu.

7. Ikutan Mudik

Foto: tirto

Bagi beberapa orang, Lebaran itu nggak sah kalau nggak mudik ke kampung halaman. Maklum, di sanalah mereka bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga terdekat. Biasanya, mudik sudah dimulai pada H-7 sebelum Lebaran. Nah, bagi kamu yang belum pernah merasakan mudik Lebaran, kamu bisa rencanakan, kok! Nggak perlu pulang ke kampung halaman, kamu bisa jadikan mudik Lebaran sebagai momen tepat buat liburan ke beberapa tempat wisata di jalur mudik. Biar ngerasain nikmatnya macet-macetan ala mudik Lebaran!

Sudah siap ikutan Lebaran? Sekalian rencanakan liburan berikutnya dengan pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 289 times, 3 visits today)

Comments

To Top